5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Senin, 13 April 2020 Share to
5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan. Tidak hanya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang bernutrisi tinggi, Kita  juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan menjalani gaya hidup sehat dengan mengatur kebiasaan sehari-hari.

Berikut adalah 5 kebiasaan sehari-hari yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga bisa memperkuat daya tahan tubuh dengan cara merangsang kinerja sel darah putih. Tidak hanya baik untuk daya tahan tubuh, olahraga juga baik untuk mengurangi stres, menurunkan berat badan, memperkuat otot dan tulang, serta membuat tidur lebih nyenyak. Olahragalah minimal selama 20 - 30 menit setiap hari.

2. Cukup istirahat

Istirahat yang cukup harus menjadi salah satu kebiasaan sehari-hari karena ampuh meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan beristirahat yang cukup, daya tahan tubuh bisa meningkat dan akhirnya kita bisa terhindar dari berbagai serangan penyakit. Tidurlah 7 - 9 jam per hari, supaya daya tahan  tubuh tetap terjaga.

3. Stop merokok

Merokok, baik secara aktif maupun pasif seperti menghirup asap rokok orang lain, bisa menyebabkan sistem daya tahan tubuh melemah. Dengan begitu, resiko untuk terkena berbagai penyakit pun bisa menjadi lebih tinggi.

4. Kelola stres dengan baik

Tingkat stres yang tinggi bisa memicu tubuh untuk terus memproduksi hormon kortisol. Kadar hormon stres atau kortisol yang tinggi bisa menyebabkan sistem daya tahan tubuh melemah.

Karena itu, cobalah luangkan waktu untuk melakukan hobi, cukupi istirahat, aktif bersosialisasi, dan lakukan teknik relaksasi untuk meredakan stres. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter atau psikolog jika merasa kesulitan mengatasi stres yang Anda alami.

5. Tertawa

Tidak hanya menyenangkan, tertawa juga bermanfaat untuk kesehatan, termasuk menjaga daya tahan tubuh. Tertawa bisa membantu meningkatkan produksi hormon endorfin yang bisa meredakan stres dan membuat mood kita menjadi lebih baik. Dengan berkurangnya stres, daya tahan tubuh pun akan selalu terjaga.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Share to