6 Makanan Penurunan Kolesterol Tinggi

Senin, 24 Februari 2020 Share to
6 Makanan Penurunan Kolesterol Tinggi

Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang ada dalam seluruh sel tubuh dan dibutuhkan untuk beberapa proses, seperti memproduksi hormon, vitamin D, asam empedu dan mengubah lemak menjadi energi.

Sejatinya kolesterol akan selalu digunakan oleh tubuh, tapi penumpukan kolesterol juga bisa terjadi akibat konsumsi lemak berlebih dan juga adanya gangguan proses metabolisme dari lemak di tubuh kita.

Untuk Anda yang memiliki kolesterol tinggi  berikut adalah konsumsi 6 makanan yang sebaiknya Anda konsumsi.

Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, atau cod mengandung tinggi lemak sehat dan vitamin D sehingga bisa membantu meningkatkan metabolisme sehingga tumpukan kolesterol di dalam tubuh bisa dikurangi.

Coklat Hitam

Kandungan flavonoid dalam coklat hitam (dark chocolate) bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat, serta meningkatkan kolesterol baik (HDL) untuk menjaga kestabilan kolesterol dalam darah.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond dan mete memiliki kandungan kolesterol baik (HDL) dan serat yang tinggi. Kandungan ini bisa membantu memaksimalkan metabolisme hati dan melancarkan pembuangan kolesterol jahat dari dalam tubuh.

Tempe & Tahu

Protein nabati yang bisa didapat dari tempe dan tahu, diketahui mengandung tinggi protein namun rendah kolesterol jahat. Jadi tempe dan tahu baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan asam amino untuk sel hati tanpa menambah tumpukan kolesterol.

Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks seperti nasi merah, rolled oat, dan barley, mengandung tinggi serat untuk mengurangi tumpukan kolesterol di pembuluh darah sekaligus memberikan energi lebih lama untuk proses metabolisme tubuh.

Sayur & Buah

Sayur dan buah mengandung banyak serat, vitamin, mineral, dan phytonutrisi yang sangat bermanfaat untuk pembuangan kolesterol jahat. Kandungannya bisa membantu meningkatkan proses metabolisme di hati dan kinerja sistem daya tahan tubuh yang bisa membantu bantu turunkan kolesterol jahat.

Share to