Amankah Brown Sugar Dikonsumsi Pengidap Diabetes?

Senin, 20 Januari 2020 Share to
Amankah Brown Sugar Dikonsumsi Pengidap Diabetes?

Selama ini, banyak orang yang menganggap bahwa brown sugar adalah alternatif gula atau pemanis yang lebih sehat. Tidak sedikit juga orang yang percaya kalau jenis gula ini mengandung lebih banyak nutrisi jika dibandingkan dengan gula putih. Bahkan ada juga yang mengklaim, bahwa brown sugar lebih aman bagi penderita diabetes karena tidak akan menyebabkan naiknya gula darah.

Benarkah demikian?

Sebenarnya, gula putih dan brown sugar itu sama-sama terbuat dari tanaman tebu. Dilihat dari kandungan nutrisi pun keduanya jenis gula ini tidak jauh berbeda. Umumnya, brown sugar diolah dari gula putih yang kemudian diberi tambahan molase yang akan membuat warnanya jadi lebih gelap, dan mengandung sedikit vitamin serta mineral.

Jika dibandingkan, brown sugar diketahui mengandung sedikit lebih rendah kalori dan karbohidrat dibanding gula putih. Brown sugar juga diketahui mengandung lebih banyak kalsium, zat besi, dan kalium, walaupun kadarnya tidak terlalu signifikan. Sedikitnya perbedaan dari kedua gula tersebut tak akan berpengaruh pada kesehatan kita.

Lalu, apa pengaruhnya terhadap kadar gula darah?

Komposisi dari brown sugar dan gula putih terdiri dari sukrosa. Dalam sebuah tulisan ilmiah berjudul International Tables of Glycemic Index and Glycemic Load Values: 2008, sukrosa diketahui punya kadar glikemik indeks sebesar 65. Ini artinya, baik itu brown sugar maupun gula putih bisa meningkatkan gula darah layaknya kentang goreng, ubi, dan popcorn.

Bagi penderita diabetes, brown sugar juga sama tidak menyehatkannya seperti gula putih.  Pemanis tambahan dalam bentuk apapun, tetap harus dibatasi sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan lengkap. Dilansir healthline, asupan gula berlebih bisa memicu atau meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, serta penyakit hati.

Beberapa studi juga menemukan, terlalu banyak mengonsumsi gula bisa merusak sensitivitas insulin. Hal ini akan menyebabkan kemampuan tubuh menyerap gula pada aliran darah menjadi berkurang. Akibatnya, kadar gula dalam darah semakin meningkat dan akhirnya menyebabkan kita terkena diabetes.

Menyimak penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa brown sugar sama seperti gula putih yang kurang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Semoga informasi ini bermanfaat dan ingat untuk membatasi penggunaan pemanis apapun jenisnya agar kita terhindar dari risiko terkena diabetes!

Share to