Berapa Lama Virus Corona Hidup di Dalam Tubuh? Ini Penjelasannya

Senin, 9 Maret 2020 Share to
Berapa Lama Virus Corona Hidup di Dalam Tubuh? Ini Penjelasannya

Virus corona atau COVID-19 sudah menyebar di 120 Negara di dunia dengan memakan korban mencapai Ratusan ribu banyaknya, virus yang menyebar dari droplet atau partikel ketika individu batuk atau bersin ini diketahui dapat bertahan hidup di media seperti baju dan juga benda selama berjam-jam lamanya.  Namun berapa lama kah virus tersebut bertahan dalam tubuh kita?

Berdasarkan penelitian medis yang di tulis dan terbitkan dari jurnal Lancet, dokter-dokter dari cina berhasil mendeteksi virus corona berdasarkan sample pernapasan dari 20 pasien yang berhasil sembuh selama rata-rata 20 hari setelah terinfeksi.

Peneliti juga menemukan bahwa pasien yang terinfeksi virus COVID-19 menyimpan patogen penyebab penyakit di saluran pernapasan selama 37 hari. Dengan bergitu pasien positif corona dapat menularkan virus melalui pernapasan selama kurang lebih 5 pekan lamanya.

Hasil penelitian tersebut di dapatkan dengan mempelajari catatan medis dan data laboratorium dari 191 pasien positif COVID-19 yang di rawat di RS Jinyintan dan RS Wuhan Pulmonary, termasuk dengan 54 orang yang meninggal karena virus corona.

Saat ini, periode isolasi yang disarankan adalah 14 hari untuk menghindari penularan. Tetap dirumah dan jaga jarak serta jangan bepergian kecuali untuk pembelian makanan serta obat-obatan. Meski harus berpergian juga jangan lupa menggunakan masker untuk mengurangi resiko penularan ya!

Share to