Buah Apel Bermanfaat Untuk Penderita Diabetes

Rabu, 7 November 2018 Share to
Buah Apel Bermanfaat Untuk Penderita Diabetes

Apel merupakan salah satu jenis buah dengan khasiat yang cukup melimpah. Selain menjaga tekanan darah tetap normal, buah ini pun kaya akan antioksidan yang efektif menghambat dampak buruk dari radikal bebas. Selain itu, apel pun efektif untuk menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes.

Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan Florida State University, Amerika, yang menyebut apel sebagai buah ajaib karena memiliki ragam manfaat menakjubkan.

Apel diketahui mengandung fitonutrien dan antioksidan, yang efektif mencegah penyakit jantung, kanker hingga menurunkan risiko stroke bagi penderita hipertensi. Apel pun kaya serat yang efektif untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan mengontrol berat badan.

Selain itu, kandungan serat dalam apel pun efektif untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Hal ini disebabkan karena saat masuk ke dalam tubuh, serat dalam apel tidak dicerna oleh tubuh, sehingga akan membuat kadar gula darah tetap terjaga.

Kelebihan lainnya, serat dalam apel pun mampu mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu Anda menjaga asupan makanan yang berisiko menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

Hasil penelitian serupa diungkap sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal, yang menyebutkan konsumsi 1-2 buah apel utuh sebelum makan, mampu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Dalam penelitian ini disebutkan jika apel mengandung sejumlah antioksidan, yakni

  1. Quercetin, berfungsi untuk memperlambat pengolahan karbohidrat, dan mencegah kenaikan gula darah akibat pengolahan karbohidrat yang terlalu cepat (karbohidrat sederhana).
  2. Chlorogenic acid, berfungsi untuk membantu tubuh memanfaatkan gula secara lebih efisien, dan menggunakannya sebagai sumber tenaga.
  3. Phlorizin, berfungsi untuk memperlambat penyerapan gula dan menurunkan tingkat gula darah.

Penelitian lainnya yang dipublikasikan dalam jurnal medis BMC Complementary dan Alternative Medicine, menyebut jika apel memiliki efek anti-inflamasi berkat kehadiran polifenol, senyawa antioksidan yang ampuh melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, termasuk diabetes.

Terkait kandungan gulanya, apel memang mengandung gula yang cukup tinggi. Tapi jangan khawatir, sebagian besar gula yang ditemukan pada apel merupakan fruktosa yang tidak menimbulkan kenaikan gula darah secara signifikan.

Bagaimana menurut Anda. Tertarik mengonsumsi apel, setidaknya 2 buah apel setiap hari untuk menjaga kadar gula darah tetap normal?

Share to