Buat Bit dan Manfaatnya Bagi Kolesterol

Selasa, 5 November 2019 Share to
Buat Bit dan Manfaatnya Bagi Kolesterol

Buah bit merah atau beetroot adalah salah satu jenis umbi berwarna ungu kemerahan. Berbeda dari singkong atau ubi, bentuk buah bit lebih menyerupai kentang. Warnanya yang mencolok pun membuat umbi ini kerap dimanfaatkan sebagai pewarna makanan alami.

Lebih dari itu, buah bit menyimpan berbagai khasiat untuk kesehatan, lho. Jika Anda belum terlalu familier, mari kita berkenalan dulu dengan buah bit beserta manfaatnya untuk tubuh!

Makanan utama masyarakat Afrika kuno

Berasal dari famili Amaranthaceae-Chenopodiaceae, buah bit ternyata masih bersaudara dengan lobak dan sayuran berakar lainnya. Biasanya, tanaman yang datang dari famili tersebut hanya diambil akarnya saja sebagai bahan obat tradisional. Lantas perlahan dagingnya mulai dikonsumsi.

Buah bit kali pertama dikonsumsi masyarakat Afrika ribuan tahun lalu. Kemudian, akar buahnya menjadi begitu populer hingga menyebar ke Asia dan Eropa hingga dibudidayakan. Pada abad ke-16 sampai ke-19, barulah dagingnya dimanfaatkan sebagai bahan pewarna makanan hingga pemanis makanan serta minuman. Lambat laun, buah bit pun digunakan sebagai salah satu campuran buat mengekstrasi sampai memurnikan gula berbahan dasar tebu.

Kandungan gizi yang terdapat dalam buah bit

Seperti ubi dan kentang, buah bit kaya akan karbohidrat yang dapat menjadi sumber energi tubuh. Mengonsumsinya pun tak akan bikin Anda gendut karena rendah lemak dan kalori. Maka bukan hal aneh kalau pada akhirnya buah bit dimasukkan dalam menu diet.

Selain itu, buah bit mengandung betasianin (pigmen ungu) serta betasantin (pigmen kuning) yang menghasilkan warna merah gelap keunguan. Kandungan gizi lainnya yang terdapat dalam tanaman ini mencakup serat, asam folat, vitamin C, magnesium, fosfor, antioksidan, hingga zat besi.

Manfaat buah bit terhadap kolesterol tubuh

Kandungan gizi yang melimpah membuat buah bit aman dikonsumsi orang-orang yang menderita penyakit tertentu, salah satunya kolesterol tinggi. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2011 dengan tikus menemukan bukti bahwa buah bit mampu menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL). Para peneliti pun percaya kemungkinan buah bit sebagai penurun kolesterol cukup besar berkat fitnutrien seperti flavonoid.

Tak sampai di situ, riset yang dilakukan Barts and London School of Medicine dengan Peninsula Medical School membuahkan anjuran untuk mengonsumsi buah bit sebagai cara termurah menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Seperti yang Anda ketahui, kolesterol begitu erat hubungannya dengan jenis gangguan satu ini.

Mengonsumsi buah bit juga tak terlalu sulit. Anda bisa mengolahnya menjadi smoothie sehat dengan mencampurkannya bersama apel dan wortel. Ada juga cara lain dengan menjadikannya sebagai camilan sehat seperti keripik bit panggang untuk menggantikan french fries, permen, atau kudapan tinggi kalori lainnya.

Share to