Camilan-camilan yang Baik Buat Pengidap Kolesterol, Yuk Cobain

Jumat, 8 November 2019 Share to
Camilan-camilan yang Baik Buat Pengidap Kolesterol, Yuk Cobain

Penderita kolesterol tinggi nyatanya masih diizinkan buat ngemil, hanya saja ada beberapa catatan yang harus Anda ingat. Misalnya menghindari kudapan yang terbikin dari susu, mentega, dan daging. Camilan tinggi lemak berpotensi membentuk plak di arteri yang berpotensi menyumbat jantung.

Kemudian, berdasarkan The Ohio State University Medical Center Department of Nutrition Services, para penderita kolesterol disarankan menyantap kudapan sekitar 2-3 jam supaya kenyang seharian. Dengan begitu, kadar gula darah tubuh dapat terkendali.

Lantas, jenis camilan sehat apa saja yang bisa Anda konsumsi tanpa mengganggu kadar kolesterol?

  • Popcorn

Camilan yang biasanya dimakan sebagai teman nonton ini ternyata aman buat penderita kolesterol tinggi. American Heart Association mengatakan popcorn yang terbikin dari biji jagung utuh kaya serat tinggi dan bisa membantu mengurangi kolesterol jahat. Jika ingin membuatnya sendiri, gunakan minyak zaitun serta sedikit keju parmesan alih-alih mentega.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, pecan, dan kacang kenari memiliki kandungan kolesterol baik atau HDL yang cukup tinggi, sehingga cocok Anda jadikan camilan. Sebuah riset membuktikan almond kaya akan lemak tak jenuh buat menurunkan LDL serta meningkatkan LDL meski kalorinya tinggi. Supaya tak berbalik membahayakan tubuh, konsumsi 24 butir almond atau 14 kacang kenari per hari, ya.

  • Sayur mayur

Sayur bisa dijadikan kudapan sehat nan enak kalau Anda tahu cara mengolahnya, lho. Misalnya dengan mengombinasikan sayur seperti bayam dan brokoli bersama potongan telur rebus, dada ayam panggang, atau kentang panggang. Pilihlah jenis sayur rendah lemak, kalori, dan natrium agar kolesterol dalam tubuh tak melonjak tajam.

  • Keripik kentang

Siapa yang tak kenal camilan gurih satu ini? Alih-alih membeli keripik kentang kemasan di minimarket, ada baiknya Anda membuatnya sendiri. Misalnya dengan membuat keripik kentang panggang yang diolah menggunakan minyak zaitun. Dengan begitu serat, kalium, dan mineral dalam umbi-umbian ini terjaga dan dapat membantu tubuh mengendalikan tensi darah.

  • Oatmeal

Bukan hanya bisa dijadikan sarapan, oatmeal juga dapat Anda konsumsi sebagai camilan. Serat larut dalam makanan ini mampu menyerap kolesterol, lalu memindahkannya ke sistem cerna tanpa diserap tubuh Anda. Serat juga yang bisa merangsang produksi asam empedu untuk mengurangi kadar LDL. Kombinasikan oatmeal denagn potongan buah untuk hasil maksimal.

  • Buah-buahan

Sejalan dengan sayur, buah-buahan juga mampu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Jeruk, apel, stroberi, hingga anggur adalah jenis buah yang kaya akan pektin, serat yang dapat memangkas kadar kolesterol jahat. Buah dengan kandungan kalium pun bermanfaat untuk mengendalikan tensi darah. Jadi tak ada alasan buat melewatkan buah sebagai camilan sehat Anda.

Kira-kira camilan sehat mana yang akan Anda konsumsi untuk menstabilkan kolesterol?

Share to