Camilan Sehat Untuk Anda yang Kolesterol

Minggu, 9 Desember 2018 Share to
Camilan Sehat Untuk Anda yang Kolesterol

Untuk sebagian orang, makan camilan tidak mengundang masalah besar. Namun, bagaimana dengan mereka yang rentan mengalami lonjakan kolesterol setelah mengudap?

Anda yang punya kolesterol tinggi pasti tersiksa karena tidak bisa menyantap beberapa kudapan favorit. Kabar baiknya, masih ada sejumlah camilan rendah kalori yang aman dikonsumsi. Berdasarkan The Ohio State University Medical Center Department of Nutrition Services, menyantap kudapan setiap 2-3 jam akan menjaga tubuh agar tidak cepat lapar sekaligus menstabilkan kadar glukosa tubuh. Jenis camilan yang dinilai tak akan menaikkan kadar kolesterol meliputi:

  • Berondong jagung

Lebih dikenal dengan nama popcorn, kudapan yang sering Anda jumpai di bioskop ini rupanya kaya serat dan mampu mengurangi kolesterol jahat. Meski demikian, Anda perlu mengolahnya dengan bahan yang tepat seperti minyak zaitun dan sedikit keju parmesan alih-alih mentega.

  • Kacang-kacangan

Kacang pecan, almond, dan kacang kenari adalah beberapa jenis kacang yang mengandung kolesterol baik (HDL). Namun, Anda tetap perlu membatasi konsumsi kacang-kacangan, karena kadar kalorinya cukup tinggi. Paling tidak, pastikan Anda menyantap 30 gram kacang per hari agar kolesterol tetap stabil.

  • Sayur dan buah

Ya, sayur dan buah juga bisa Anda jadikan kudapan menyehatkan. Anda bisa mengolahnya menjadi salad atau mencampurkannya dengan bahan-bahan lain seperti daging dan telur. Jeruk, apel, stroberi, dan anggur dianggap sebagai penurun kolesterol alami yang dapat Anda andalkan juga.

  • Keripik kentang

Dalam hal ini, keripik kentang yang dimaksud bukanlah makanan ringan yang dijual di minimarket. Jika Anda penggemar kentang, cobalah berkreasi dengan membuat keripik kentang sendiri memakai minyak zaitun. Jadi, kadar kolesterol tetap stabil, sementara Anda mendapatkan kalium, serat, dan mineral.

  • Oatmeal

Bukan hanya dijadikan sebagai sarapan, oatmeal juga dapat Anda manfaatkan sebagai kudapan sehat. Betapa tidak? Oatmeal yang dikenal akan kandungan seratnya yang tinggi mampu mendorong produksi asam empedu untuk menurunkan kolesterol jahat.

  • Roti gandum

Camilan terakhir yang bisa Anda masukkan ke dalam menu adalah roti gandum. Mengapa? Satu iris roti gandum sudah mengandung dua gram serat dan dua gram protein yang bakal menyehatkan sistem cerna Anda. Tambahkan keju cheddar yang bakal berperan sebagai probiotik di usus.

Agar semakin maksimal, tambahkan HJ Generik pada menu harian. Suplemen ini tak hanya jadi proteksi tambahan, tetapi juga menjaga konsumsi makan kudapan Anda.

 

Share to