Cara Mencegah Hipertensi Kalau Punya Keturunan Dari Orang Tua

Jumat, 14 Februari 2020 Share to
Cara Mencegah Hipertensi Kalau Punya Keturunan Dari Orang Tua

Hipertensi yang diturunkan dari keluarga biasanya memang tidak bisa dihindari. Adanya riwayat hipertensi dalam keluarga bisa meningkatkan risiko Anda mengalami hipertensi sampai 4 kali lipat ketimbang mereka yang tidak memiliki riwayat keluarga yang pernah terkena hipertensi. Walau begitu, bukan berarti Anda sama sekali tidak bisa mencegah hipertensi karena riwayat keluarga. 

Ada beberapa cara mencegah darah tinggi yang bisa dilakukan. Apa saja? Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Selalu makan sehat dan kurangi pemakaian garam

Garam merupakan musuh bagi penderita hipertensi. Itulah sebabnya mereka yang berisiko tinggi hipertensi sangat disarankan untuk mengurangi pemakaian garam. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan program diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension).

Diet ini terbukti efektif mengendalikan tekanan darah tinggi dengan memperbanyak makan buah dan sayur serta gandum utuh. Sumber makanan yang sehat ini tidak cuma tinggi serat dan vitamin, namun juga kaya mineral kalium yang bisa membantu menetralisir efek negatif dari garam di dalam tubuh.

  1. Perbanyak aktivitas fisik

Aktivitas fisik merupakan kegiatan yang bisa membuat tubuh kita aktif bergerak dan akhirnya bisa membakar kalori. Kegiatan fisik ini tidak harus olahraga, bisa juga beres-beres rumah, naik dan turun tangga kantor.

Sebuah penelitian terbitan jurnal Hypertension mengungkapkan bahwa risiko darah tinggi bisa menurun sampai 34 pada mereka keturunan hipertensi yang mampu menjaga tubuhnya tetap bugar dengan melakukan banyak aktivitas fisik.

  1. Menjaga berat badan ideal

Berat badan bisa berpengaruh tekanan darah. Jadi sebaiknya mulailah berusaha menurunkan berat badan kalau memang berat badan Anda berlebih. Menurunkan berat badan merupakan cara terbaik untuk membantu mencegah hipertensi hadir di masa depan.

  1. Jangan biarkan stres terus menumpuk

Memang stres hanya bisa meningkatkan tekanan darah untuk sementara waktu. Tapi kalau dibiarkan terus menumpuk dan tidak segera diatasi, kadar hormon stres berlebih yang ada di dalam tubuh akhirnya juga bisa memicu hipertensi.

Karena itu, segera atasi stres sebelum benar-benar menumpuk dan menggerogoti tubuh dan pikiran Anda. Ada banyak cara yang mudah untuk menghilangkan stres, seperti olahraga, mendengarkan musik, menonton film, meditasi dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara mencegah hipertensi kalau punya keturunan dari orang tua. Semoga bermanfaat!

Share to