Hindari 5 Kebiasaan Ini agar Imun Tubuh Tidak Menurun

Selasa, 26 Mei 2020 Share to
Hindari 5 Kebiasaan Ini agar Imun Tubuh Tidak Menurun

Seringkali tanpa disadari ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan bisa membuat kekebalan tubuh jadi menurun padahal di masa pandemi virus corona yang sampai saat ini belum berakhir, daya tahan tubuh yang kuat sangat dibutuhkan, selain tentunya selalu menjaga kesehatan. Berikut adalah beberapa 5 kebiasaan yang sebaiknya kita hindari agar imun tubuh tidak menurun

1. Tidak cukup istirahat

Kelelahan karena tidak cukup istirahat, seperti tidur di malam hari, bisa menyebabkan turunnya daya tahan tubuh seseorang. Agar daya tahan tubuh tidak menurun, berilah waktu tubuh kita beristirahat minimal dengan tidur selama 7 sampai 9 jam pada malam hari.

2. Sering stres

Sering stres juga bisa membuat imun tubuh menurun. Stres akan membuat sel pembunuh bakteri bekerja menjadi lebih lambat dan kegiatan makrofag (sel yang memperkuat respons imun) menjadi berkurang.

3. Malas olahraga

Malas olahraga sudah pasti akan menyebabkan imun tubuh menurun. Padahal, tidak ada alasan untuk tidak berolahraga karena kegiatan ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Waktu untuk berolahraga juga tidak perlu terlalu lama. Cukup sekitar 30 menit berolahraga tiap harinya, imun tubuh kita akan tetap terjaga.

4. Terlalu serius

Terlalu serius ketika berkegiatan sehari-hari juga bisa menyebabkan imun tubuh kita menurun. Cobalah untuk melakukan kegiatan dengan lebih santai seperti sesekali bercengkrama, dan bercanda bersama sahabat atau teman-teman kantor. Tertawu a terbukti bisa membantu mengurangi hormon stres dan otomatis imun tubuh juga akan meningkat.

5. Sering berada di lingkungan yang tidak sehat

Terlalu sering berada di lingkungan yang tidak sehat, seperti lingkungan para perokok, juga bisa menurunkan imun tubuh. Kenapa bisa? Karena mereka yang menjadi perokok pasif sejatinya akan jauh lebih menderita ketimbang perokok aktif. Ingat, perokok pasif juga beresiko mengalami gangguan pernapasan sampai kematian. Karena itulah usahakan menghindari lingkungan orang yang sedang merokok.

Semoga informasi ini bermanfaat dan ingat untuk selalu menjaga daya tahan tubuh dan kebersihan diri ya!

Share to