Hindari Makan Ini Kalau Kolesterol Anda Tinggi

Sabtu, 3 November 2018 Share to
Hindari Makan Ini Kalau Kolesterol Anda Tinggi

Penelitian membuktikan jika sebagian besar kolesterol dihasilkan tubuh secara alami, dan hanya 30 persen yang dihasilkan dari makanan. Tapi meskipun begitu, Anda tetap harus menghindari makanan yang berpotensi membuat kadar kolesterol Anda melambung.

Berikut merupakan beberapa makanan yang wajib dijauhi untuk menjaga kolesterol tetap seimbang, apalagi jika sebelumnya Anda memiliki koleterol tinggi.

Junk Food

Junk food seperti burger, pizza, hot-dog, dan lainnya merupakan makanan yang harus dijauhi. Selain tinggi garam dan kalori, makanan ini pun rendah kandungan gizinnya. Yang lebih mengerikan, kandungan kolesterol dalam junk food bisa sangat membahayakan bagi kesehatan.

Selain makanan di atas, makanan dalam kategori fast food, seperti mie instan, dan lainnya, harus Anda jauhi karena memiliki efek buruk bagi kesehatan.

Gorengan

Rasanya memang sangat lezat, tapi hati-hati dengan gorengan, seperti bakwan, tahu goreng, dan lainnya. Proses menggoreng dengan menggunakan pemanasan minyak dalam waktu yang cukup lama menyebabkan munculnya asam lemak trans, yang memicu pembentukan kolesterol jahat (LDL).

Selain itu, makanan ini pun umumnya tinggi garam, tinggi kalori dan sangat rendah kandungan nutrisinya, sehingga bisa berakibat fatal bagi kesehatan.

Roti Putih dan kue-kue manis

Roti putih dan makanan olahan tepung sama posisinya seperti gorengan, tidak banyak mengandung nutrisi, tapi cepat membuat berat badan melonjak karena kandungan karbohidrat sederhananya. Selain itu, roti putih pun tidak disarankan dikonsumsi dalam jumlah banyak karena mengandung tinggi kolesterol.

Setara dengan roti putih, Anda pun harus menghindari produk olahan sejenis, seperti tart, cake, kue kering, donat dan lainnya. Semuanya memiliki kadar asam lemak jenuh yang tinggi.

Lemak jenuh

Hindari makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi, seperti daging kemasan (kornet dan sosis), santan kelapa dan makanan yang mengandung santan, minyak palm, dan mentega. Makanan dengan kandungan lemak jenuh bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Hindari mengolah makanan seperti daging merah dan daging kambing, dengan cara digoreng atau diolah dengan santan, karena bisa meningkatkan kadar kolesterol.

Jeroan dan kulit

Jeroan seperti otak, usus, ampela, jantung, babat, dan organ dalam lainnya, dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah, apalagi jika diolah dengan cara digoreng. Hal yang sama berlaku untuk kulit, seperti kulit ayam, kikil dan lainnya.

Jika Anda sangat menginginkan makanan-makanan tersebut, sebaiknya jangan berlebihan dan usahakan cara mengolahnya dengan cara dikukus, dibuat sayur atau dipanggang.

Share to