Ingin Selalu Makan Manis Tapi Takut Diabetes, Begini Menyiasatinya

Selasa, 12 November 2019 Share to
Ingin Selalu Makan Manis Tapi Takut Diabetes, Begini Menyiasatinya

Didiagnosis mengidap diabetes bikin orang-orang langsung menjauhi sejumlah makanan, termasuk yang manis-manis. Menghindari makanan tinggi gula memang dianjurkan buat menjaga kadar gula darah Anda, tetapi bukan berarti meninggalkannya.

Kenyataannya, Anda masih bisa mengonsumsi makanan manis selama mengikuti aturan. Lantas, seperti apa cara menyiasatinya?

Gula tak langsung menyebabkan diabetes

Anggapan gula sebagai pemicu utama diabetes masih dipercaya banyak orang, padahal gula tak serta-merta menyebabkan penyakit tersebut, kok.

Pada penderita diabetes 1 yang muncul sejak usia kanak-kanak, faktor genetik dan bawaan adalah penyebab paling umum dan tak berkaitan dengan gula. Sementara itu pada penderita diabetes 2 yang didominasi orang dewasa, obesitas dikenal sebagai faktor pemicunya.

Bagaimana dengan peran gula? Gula baru mempengaruhi peluang diabetes saat konsumsinya sudah berlebihan. Pada kondisi tersebut, Anda rentan mengalami obesitas dan berujung pada diabetes. Lantas membatasi asupan gula jadi salah satu cara untuk mencegahnya.

Namun, sekali lagi, bukan berarti Anda langsung memasukkan gula ke dalam blacklist. Berikut ini ada aturan makan makanan manis yang bisa diterapkan buat penderita diabetes.

  • Membatasi asupan gula

Jika biasanya Anda makan kue atau permen sebagai camilan harian, sekarang lakukan kebiasaan tersebut pada momen tertentu saja. Misalnya ulang tahun, arisan, reuni dengan teman-teman, dan lain sebagainya. Perhatikan juga porsinya, sebab percuma kalau waktunya dibatasi tapi jumlahnya tetap.

  • Stabilkan dengan makanan sehat

Menghindari gula akan terasa percuma kalau jenis makanan lain yang Anda konsumsi sama-sama tak sehat, misalnya junk food. Akan lebih baik kalau Anda mendampinginya dengan makanan sehat seperti kacang-kacangan, sayur, dan buah.

  • Ganti dengan kudapan tinggi serat

Sulit mengendalikan diri atau berhenti? Mungkin Anda membutuhkan cara ekstrem seperti menggantinya dengan kudapan serat tinggi. Sebut saja buah-buahan atau makanan ringan yang kaya akan serat. Salah satunya adalah granola yang menggunakan kedelai sebagai salah satu bahan utamanya.

  • Kurangi sumber karbohidrat simpleks

Sumber karbohidrat kompleks seperti nasi putih, roti putih, jagung, dan kentang kurang disarankan buat penderita diabetes karena akan meningkatkan kadar gula darah. Gantilah dengan karbohidrat kompleks seperti gandum, oatmeal, dan beras merah yang kaya akan serat.

  • Cermati label nutrisi pada makanan

Ketika hendak membeli keripik kentang atau cookies di minimarket, cermati dulu label informasi nutrisi yang tercantum pada kemasan makanan. Salah satu kandungan yang harus Anda periksa adalah kadar karbohidrat yang digunakan dalam komposisinya.

Dengan mengikuti cara-cara di atas, Anda dan penderita diabetes lainnya diharapkan tak cemas lagi saat hendak menyantap makanan manis. Jangan lupa untuk memeriksa kadar gula darah secara berkala agar tak melonjak drastis gara-gara Anda ngemil.

Selamat menjalani hidup sehat!

Share to