Ini Pentingnya Serat untuk Kesehatan Pencernaan Kita

Selasa, 21 Juli 2020 Share to
Ini Pentingnya Serat untuk Kesehatan Pencernaan Kita

Mungkin masih ada dari Anda yang belum tahu bahwa serat menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah bisa bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dan membantu mengurangi resiko penyakit kronis. 

Apakah serat itu sebenarnya?

Dilansir dari Healthline, serat makanan adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna. Serat berperan meningkatkan berat dan ukuran dari feses karena bisa menyerap air dan membuatnya lebih lunak sehingga akan menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan melalui anus.

Feses yang keras sangat mungkin menjadi tanda bahwa kita kurang mengonsumsi makanan berserat. Serat ini bisa kita temui pada  buah, sayur, dan makanan fermentasi.  Karena itu, mengonsumsi makanan berserat sangat disarankan untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

Namun sayang, tidak sedikit dari kita sepertinya yang masih  belum tahu atau paham tentang pentingnya kita untuk selalu mengonsumsi serat. Dilansir dari laman detikHealth, seorang ahli medis bernama, dr Adeline Devita, mengungkapkan bahwa 9 dari 10 penduduk Indonesia cuma mengkonsumsi serat 7gr per hari dari kebutuhan sekitar 30 gr per hari serat makanan dari sayur dan buah-buahan.

Padahal, serat sangat dibutuhkan untuk bisa membantu kerja sistem pencernaan. dr Adeline menambahkan, serat juga membantu tubuh dalam menyerap kolesterol jahat dan menyerap racun yang terdapat dalam makanan. 

Yuk, rutin mengonsumsi makanan berserat!

Setelah menyimak penjelasan di atas, mari mulai menambah asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayuran, buah, umbi-umbian,serta kacang-kacangan. Kita bisa mulai dengan cara menambah porsi sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan serat supaya saluran pencernaan kita bisa bekerja lebih maksimal.

 

Semoga informasi ini bermanfaat!

Share to