Ketumbar, Si Imut yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuhmu

Senin, 23 Desember 2019 Share to
Ketumbar, Si Imut yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuhmu

Anda barangkali sudah tak lagi asing dengan keberadaan ketumbar, terutama jika Anda hobi memasak. Pasalnya, ketumbar memang sangat dikenal akan kegunaannya sebagai bumbu dapur. Meski demikian, bukan hanya itu saja kegunaan ketumbar dalam kehidupan sehari-hari, karena rupanya si imut ini punya manfaat untuk kesehatan tubuh.

Ketumbar yang selama ini Anda kenal merupakan produk hasil dari biji tanaman ketumbar (Coriandrum sativum) yang dikeringkan. Selain dimanfaatkan untuk memperkaya rasa dalam masakan, biji ketumbar kering juga sudah lama digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan yang diakibatkan oleh gangguan pencernaan. Contohnya diare dan mual.

Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan

Ada banyak kandungan nutrisi yang terdapat di dalam ketumbar, seperti karbohidrat, protein, kalsium, lemak, kalium, magnesium, dan fosfor. Secara keseluruhan, kandungan nutrisi penting di dalam ketumbar tersebut memberikan berbagai manfaat seperti:

  1. Mengatasi masalah pencernaan.

Salah satu manfaat penting yang dimiliki ketumbar dan telah banyak dikenal adalah kemampuannya dalam mengatasi masalah pencernaan. Misalnya sakit perut, sembelit, mual, dan perut kembung. Di samping itu, herba satu ini pun diyakini berkhasiat dalam mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh irritable bowel syndrome (IBS).

  1. Mencegah infeksi jamur.

Selain mengandung antioksidan, ketumbar rupanya juga memiliki kandungan antibakteri dan antijamur. Karenanya, ketumbar juga bisa membantu mencegah infeksi yang disebabkan bakteri maupun jamur.

  1. Mencegah peradangan.

Di dalam sebuah penelitian, terungkap bahwa kandungan antioksidan yang terdapat di dalam biji ketumbar rupanya mampu mencegah peradangan yang dikarenakan oleh radikal bebas. Bukan hanya itu, kandungan antioksidan tersebut juga diyakini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, meskipun efektivitasnya masih perlu dikaji lebih lanjut secara ilmiah.

  1. Mencegah diabetes.

Khasiat berikutnya dari ketumbar adalah kemampuannya dalam menjaga kadar gula darah. Karenanya, biji ketumbar juga berkhasiat bagi penderita prediabetes maupun diabetes. Hal ini dikarenakan kemampuan biji ketumbar dalam merangsang produksi insulin di dalam tubuh untuk mencegah penumpukan gula darah.

Selain itu, ketumbar juga banyak diyakini memiliki kemampuan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan lainnya. Contohnya sakit gigi, keracunan makanan, dan nyeri sendi. Bahkan, herba yang satu ini juga dipercaya mampu melancarkan ASI. Hanya saja, masih diperlukan penelitian lebih lanjut. 

Efek Samping yang Wajib Diwaspadai

Meskipun ketumbar memang mampu membuat masakan jadi makin lezat dan mengatasi berbagai masalah kesehatan, Anda tetap perlu mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Pasalnya, penggunaan ketumbar secara berlebihan justru malah bisa mengakibatkan timbulnya efek samping, seperti reaksi alergi, penurunan kadar gula yang drastis, dehidrasi, hingga meningkatnya sensitivitas kulit terhadap cahaya.

Di samping itu, tidak semua orang bisa mengonsumsi ketumbar sebagai obat herbal, termasuk ibu hamil dan menyusui. Sama halnya dengan mereka yang memiliki reaksi alergi terhadap ketumbar, memiliki diabetes, dan tekanan darah rendah. Karena itu, jika Anda berminat mengonsumsi obat-obatan herbal yang mengandung atau terbuat dari ketumbar, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari efek samping yang justru malah bisa membahayakan kesehatan Anda.

Share to