Makanan-makanan Ini Membantu Menurunkan Kolesterol

Kamis, 1 November 2018 Share to
Makanan-makanan Ini Membantu Menurunkan Kolesterol

Opor ayam, gulai kambing, dan rendang, merupakan salah satu sajian lezat yang sulit untuk ditolak. Sayang, ada risiko kesehatan yang harus dihadapi saat nekat mengonsumsi makanan ini dalam jumlah berlebih, apalagi jika sebelumnya Anda memiliki masalah kesehatan terkait kolesterol.

Agar tidak menjadi masalah, selain dengan rutin berolahraga, berikut merupakan beberapa makanan yang wajib Anda konsumsi untuk membantu menurunkan kolesterol.

Oatmeal

Mulai sekarng sebaiknya ganti menu sarapan Anda dengan oatmeal. Menurut Pam Peeke, asisten profesor Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, oatmeal merupakan salah satu makanan sehat dengan kandungan serat larut cukup tinggi.

Selain mampu mempertahankan rasa kenyang lebih lama, serat dalam oatmeal pun dapat mengurangi penyerapan kolesterol, dan efektif menjaga fungsi jantung tetap sehat.

Kacang-kacangan

Selain mengandung protein, kacang-kacangan terbukti mengandung lemak tak jenuh tunggal dan kaya akan pitosterol, sejenis lemak baik yang efektif membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh dengan cara menghalangi penyerapannya di usus.

Ada beberapa jenis kacang yang bisa Anda pilih, dari mulai walnut, kacang mede, kacang tanah, almond dan kacang mede. Pilih kacang yang cara pengolahannya direbus atau dipanggang!

Sayuran hijau

Kate Weiler, pakar diet, sekaligus health coach di Fitness Magazine, menyebut jika sayuran hijau merupakan makanan utama yang ampuh menurunkan kolesterol. Selain itu, sayuran hijau pun kaya akan zat besi, dan serat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Selain itu, dalam sayuran terdapat zat hijau daun yang disebut klorofil, yang berfungsi sebagai anti-oksidan untuk mengikat asam empedu, dan mengeluarkan kolesterol dalam tubuh.

Buah-buahan

Beberapa buah-buahan diketahui mengandung sejenis serat larut yang disebut pektin, seperti apel, stoberi, anggur, yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, buah-buahan pun mengandung sejumla komponen bioaktif yang mampu mencegah penyakit jantung. Buah-buahan pun kaya akan air dan serat tinggi, yang berfungsi untuk menghidrasi tubuh, memaksimalkan program diet, dan menjaga daya tahan tubuh.

Cokelat

Cokelat, khususnya cokelat hitam atau dark chocolate, mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk membentuk kolesterol baik (HDL), demi melawan kolesterol jahat (LDL). Selain itu, cokelat hitam pun mengandung flavonoid, yang bersifat antioksidan dan mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Tapi ingat, pilih cokelat hitam alami yang langsung diambil dari biji kakao. Dalam pengolahannya, pastikan Anda tidak menambahkan banyak gula tambahan.

Share to