Manfaat Mengonsumsi Air Putih yang Cukup Setiap Hari

Jumat, 25 Oktober 2019 Share to
Manfaat Mengonsumsi Air Putih yang Cukup Setiap Hari

Anjuran minum air putih 8 gelas per hari pasti sudah sering Anda dengan buat meningkatkan kesehatan. Namun, Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board sebenarnya menyarankan buat minum 2,6 liter untuk perempuan dan 3,7 liter untuk laki-laki per hari.

Sebenarnya Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh melalui sumber lain seperti sup, buah, dan sayur-mayur. Akan tetapi, ada manfaat-manfaat yang hanya bisa Anda rasakan dari minum air putih tiap hari, antara lain:

  1. Mengoptimalkan kinerja otot

Sel-sel otot yang kekurangan cairan tak akan sanggup mempertahankan cairan maupun elektrolit. Inilah salah satu penyebab yang membuat Anda kelelahan. Untuk mengembalikan performanya, Anda dapat melakukan olahraga, seperti yang disarankan American College of Sports Medicine. Sejumlah pakar dari kampus ini juga merekomendasikan Anda untuk minum air putih sekitar 0,5 liter dua jam sebelum mulai berolahraga. Jangan lupa untuk bawa bekal air putih sebagai cadangan.

  1. Mengembalikan kilau pada kulit

Tahukah Anda bahwa kulit adalah salah satu organ tubuh yang menyimpan air dalam jumlah tinggi? Tanpa kulit, manusia akan kehilangan benteng yang mencegah hilangnya cairan tubuh berlebih. Maka dari itu, supaya kulit tak kering dan kusam, pastikan Anda rajin minum air putih setiap hari, ya. Imbangi juga dengan perawatan kulit dari luar seperti luluran, memakai body lotion, dan mengenakan pakaian yang nyaman buat menjaga kilaunya.

  1. Mengontrol asupan kalori

Saran minum air putih selama menjalankan program menurunkan berat badan ada bukan tanpa alasan. Pasalnya, air putih berfungsi sebagai pengganti minuman berkalori tinggi. Barbara Rolls PhD, peneliti dari Universitas Pennsylvania dan penulis buku The Volumetrics Weight Control Plan, mengatakan salah satu faktor keberhasilan seseorang yang melakukan diet adalah tak absen minum air putih. Konsumsi sumber makanan kaya cairan juga membantu memangkas kalori.

  1. Menjaga fungsi ginjal

Ginjal adalah organ vital tubuh yang berperan sebagai penyaring, sehingga racun dan kotoran lainnya dapat dikeluarkan dalam bentuk urin. Namun, kalau cairan tubuh tak mencukupi, urin yang dikeluarkan akan bermasalah sampai mengganggu fungsi ginjal, termasuk di antaranya membentuk batu ginjal. Sebelum merasakan efek samping lebih parah, ada baiknya Anda membiasakan diri untuk minum air putih sesuai anjuran. 

  1. Membantu fungsi usus

Alasan lain yang membuat minum air putih begitu penting adalah dampak positifnya terhadap kesehatan usus. Pasalnya, cairan berperan juga dalam proses ‘penghancuran’ makanan dan penyerapan nutrisi yang diperlukan tubuh. Semakin sedikit air yang Anda minum, maka semakin besar risiko sembelit dan penyakit lainnya muncul. Jadi pastikan Anda selalu menyiapkan segelas air putih sebelum makan agar sistem cerna tetap terjaga kesehatannya.

Share to