Manfaat Okra Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Selasa, 11 Juni 2019 Share to
Manfaat Okra Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Apa Anda pernah mendengar okra merah? Okra merupakan tanaman semak berbatang lunak yang bentuk buahnya menyerupai cabai. Belakangan, okra mulai populer di kalangan masyarakat Indonesia karena berkhasiat untuk kesehatan. Bagaimana tidak? Tanaman tersebut rupanya mengandung banyak nutrisi seperti berbagai vitamin, magnesium, zat besi, natrium, zinc, dan fosfor.

Dengan nutrisi melimpah, okra merah yang sering kali diolah sebagai sayur tersebut dapat memberikan benefit untuk tubuh Anda, antara lain:

  • Mencegah sembelit/konstipasi

Sulit buang air besar atau sembelit tak hanya membuat perut kurang enak, tetapi juga mengganggu sistem cerna. Salah satu cara cepat yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah mengonsumsi okra merah. Kandungan serat yang tinggi dalam tanaman tersebut akan merangsang pergerakan usus, sehingga kotoran yang menumpuk akan langsung keluar dari dalam tubuh.

  • Mengontrol kadar gula darah

Kadar gula darah atau glukosa menjadi masalah yang sering kali dialami penderita diabetes, kolesterol, dan hipertensi. Okra merah bisa Anda masukkan ke dalam menu karena dinilai mampu membantu kontrol gula darah. Hal ini disebabkan serat dalam tanaman ini dapat meningkatkan kerja insulin dalam tubuh dan menjaga kestabilan glukosa.

  • Menurunkan kolesterol jahat

Menyambung dari poin sebelumnya, okra merah bersahabat juga untuk mereka yang punya penyakit kolesterol tinggi. Kadar kolesterol jahat yang melampaui batas normal merupakan salah satu pemicu dari berbagai penyakit kronis seperti serangan jantung, hipertensi, dan stroke. Serat larut yang Anda peroleh dari konsumsi okra merah dianggap mampu mencegah kenaikan kolesterol jahat.

  • Merangsang gairah seksual

Alih-alih memilih obat kuat yang belum tentu aman, konsumsi saja okra merah untuk mengembalikan gairah seksual Anda. Tingginya magnesium dalam okra merah adalah salah satu alasan yang membuat tanaman ini bersifat afrodisiak. Selain itu, vitamin B, zat besi, folat, dan zinc dalam okra merah dapat menjaga kesehatan organ genital.

  • Meningkatkan sistem imun tubuh

Terakhir, okra merah juga bisa dikonsumsi untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh Anda. Hal tersebut disebabkan tingginya kandungan vitamin C dalam tanaman semak ini. Kemudian, ada juga antioksidan yang akan membuat tubuh Anda sanggup menangkal dampak buruk radikal bebas. Jadi tak ada salahnya menyantap okra merah sebagai makanan sehari-hari.

Semoga informasi seputar okra merah di atas membuat keinginan Anda makan sayur sehat jadi makin bertambah, ya!

Share to