Masih Capek Walau Tidur Sudah Cukup, Tanda Diabetes?

Jumat, 7 Februari 2020 Share to
Masih Capek Walau Tidur Sudah Cukup, Tanda Diabetes?

Mayoritas orang pasti merasakan lelah yang berarti setelah bekerja seharian. Dengan istirahat yang cukup diĀ  malam hari, biasanya rasa lelah ini bisa disingkirkan. Tapi ternyata, ada juga mereka yang masih merasa lelah padahal sudah tidur yang cukup di malam hari.

Apakah ini tanda gejala diabetes?

Kelelahan yang sering muncul secara konstan (terus menerus) memang bisa menjadi gejala salah satu gejala diabetes. Ada dua jenis diabetes, tipe satu dan dua. Untuk yang tipe 1 diabetes terjadi karena sistem daya tahan tubuh penderita terserang, kemudian menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Hal ini bisa berakibat pada kadar glukosa darah yang meningkat.

Sementara diabetes tipe 2 disebabkan oleh sel-sel tubuh yang kurang sensitif terhadap insulin. Diabetes jenis inilah yang umumnya lebih sering terjadi. Selain rasa kelelahan yang konstan, gejala lain diabetes adalah turunnya berat badan tanpa sebab, pandangan kabur, luka sering sembuh, serta mengalami infeksi pada bagian tubuh tertentu.

Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan?

Kalau memang Anda mengalami rasa lelah yang berkepanjangan padahal sudah beristirahat, jangan terburu-buru mengambil kesimpulan dan membuat diagnosis sendiri. Agar lebih pasti, berkonsultasilah dengan dokter dan melakukan pemeriksaan sesuai prosedur kesehatan yang sudah ditetapkan.

Share to