Musim Hujan Datang, Tangkal Penyakit Dengan Konsumsi Ini

Senin, 5 November 2018 Share to
Musim Hujan Datang, Tangkal Penyakit Dengan Konsumsi Ini

Musin hujan datang, Anda harus bersiap dengan serangan flu, batuk, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Untuk mengatasinya, wajib untuk cukup istirahat, perbanyak konsumsi air putih, dan siapkan makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berikut merupakan beberapa makanan yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seperti dilansir dalam health.com.

Wortel

Satu buah wortel berukuran sedang, terkandung 13.500 IU beta-karoten, sejenis antioksidan yang efektif menangkal serangan radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, beta-karoten pun bermanfaat sebagai zat anti kanker, menangkal serangan radikal bebas, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Agar memberikan manfaat yang maksimal, sebaiknya konsumsi wortel yang diolah dengan cara direbus, dikukus atau dibuat jus. Anda bisa mengonsumsinya sebagai camilan.

Telur

Selain jadi sumber protein yang mudah didapat, telur tebukti ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung sejumlah vitamin, seperti vitamin E, vitamin B-kompleks dan vitamin D, yang efektif untuk memperlancar aliran darah.

Selain itu, para peneliti dari Pennsylvania State University, menyebut jika telur ampuh untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jahe dan Gingseng

Kedua rempah ini memiliki efek yang sama dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, jahe dan gingseng pun mampu meningkatkan stamina, memperlancar aliran darah dan menghangatkan tubuh saat udara dingin mulai menyerang.

Selain itu, jahe dan gingseng pun bersifat sebagai anti-virus, dan anti-mikroba yang mampu menjaga tubuh dari serangan penyakit khas musim hujan, seperti flu, pilek, dan batuk.

Buah Bit

Buah bit merupakan tanaman sejenis umbi-umbian yang efektif menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah bit pun mengandung fitonutrien kuat yang disebut dengan proanthocyanidins, yang efektif mencegah kanker.

Selain itu, buah bit pun mengandung folat, vitamin C, kalium dan sejumlah nutrisi lainnya yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Buah-buahan

Buah-buahan secara umum mengandung vitamin C, yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah-buahan pun kaya akan air, dan serat yang tinggi, untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

Beberapa buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama musim hujan adalah, buah jeruk, tomat, jambu biji, pepaya, markisa, mangga, nanas dan lainnya.

 

 

Share to