Selai dan Oat Bisa Jadi Camilan Sehat Bagi Pengidap Kolesterol

Selasa, 14 Januari 2020 Share to
Selai dan Oat Bisa Jadi Camilan Sehat Bagi Pengidap Kolesterol

Pengidap kolesterol tinggi tentu harus lebih selektif memilih asupan makanan, baik itu makanan utama maupun camilan. Dari beberapa pilihan camilan yang bisa dikonsumsi pengidap kolesterol, selai kacang dan oat bisa menjadi pilihan terbaik. Kenapa selai kacang dan oat? Berikut adalah penjelasan singkatnya.

Selai Kacang dan Oatmeal Turunkan Kolesterol

Oatmeal selain bisa menjadi alternatif sarapan praktis, juga bisa dijadikan sebagai camilan sehat. Mayoclinic (01/04/2013) mengungkapkan, oats mengandung serat larut yang berfungsi menurunkan tingkat LDL atau kolesterol jahat. Tidak hanya itu, konsumsi oatmeal juga bisa membuat tubuh ideal, karena kandungan protein dan serat di dalamnya bisa membuat perut kenyang sehingga mencegah makan berlebih.

Untuk tambahan asupan protein, kita bisa menyeduh oatmeal dengan susu kedelai atau susu skim sebagai pengganti air panas. Tidak hanya itu, tambahkan selai kacang untuk topping yang sederhana dan bergizi. Tidak hanya menambah rasa oatmeal supaya lebih enak, selai kacang ternyata bisa membantu melangsingkan tubuh sampai meningkatkan kinerja otak.

Dilansir dari TIME, Lisa Sasson dari New York University menyebut selai kacang memiliki rasa yang enak sekaligus bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalam dua sendok makan selai kacang saja kita sudah bisa menemukan 2 gram serat, 7 gram protein, dan 16 gram lemak. Selai kacang juga kaya akan vitamin dan mineral. Menurut Lisa Sasson, makan selai kacang juga bisa memberikan manfaat bagi jantung, khususnya dalam hal menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan risiko terkena penyakit jantung.

Manfaat Lain Selai Kacang dan Oatmeal

Menurut tim peneliti Harvard, selai kacang ada dalam daftar lima makanan teratas untuk menurunkan berat badan. Kandungan protein di dalam selai kacang ternyata bisa membuat tubuh lebih kenyang dan karbohidrat “slow release” bisa memberikan tenaga untuk tubuh kita.

Lawlis dan Greenwood-Robinson dalam bukunya The Brain Power Cookbook (01/04/2013) menyatakan tambahan selai kacang di atas roti atau oatmeal bisa membantu meningkatkan kinerja otak. Selai kacang merupakan bahan makanan kaya vitamin B-6, kandungan yang dibutuhkan supaya otak lebih fokus.

Itulah penjelasan singkat tentang selai kacang dan oat yang bisa dijadikan camilan sehat bagi pengidap kolesterol. Semoga bermanfaat!

Share to