Sumber Karbohidrat Berikut yang Cocok Untuk Pengidap Diabetes

Selasa, 29 Oktober 2019 Share to
Sumber Karbohidrat Berikut yang Cocok Untuk Pengidap Diabetes

Berbeda dari orang dengan kondisi kesehatan prima, pengidap diabetes tak punya kemampuan mencerna karbohidrat dengan baik. Terganggunya fungsi insulin, hormon yang memproses glukosa, adalah salah satu faktor utama yang memicu penyakit tersebut. Risikonya akan semakin tinggi saat Anda tak mengontrol konsumsi karbohidrat.

Bolehkah pengidap diabetes makan karbohidrat?

Ada tiga jenis karbohidrat yang dikonsumsi sebagian besar orang, yakni zat tepung, gula, dan serat. Selain itu, karbohidrat juga dikategorikan menjadi karbohidrat simpleks dan kompleks. Lalu apa seorang pengidap diabetes dilarang untuk menyantap semua sumber karbohidrat?

Syukurnya, Anda yang punya diabetes masih diizinkan mengonsumsi makanan berkarbohidrat. Namun, Anda harus pastikan sumber karbohidratnya kaya akan serat atau karbohidrat kompleks seperti:

  • Gandum

Gandum merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks yang paling direkomendasikan bagi Anda yang mengidap diabetes. Anda bisa memakannya dalam bentuk roti maupun oatmeal. Menurut sebuah kajian yang dilakukan ilmuwan Beijing yang diulas Reader’s Digest, konsumsi oatmeal akan mengurangi dan mengendalikan kadar gula darah.

  • Nasi merah

Salah satu tantangan yang dihadapi pengidap diabetes adalah mengurangi konsumsi nasi. Anda tak perlu serta-merta meninggalkan nasi putih, karena ada nasi merah yang dapat dijadikan pengganti. Nasi merah, seperti gandum, termasuk sumber karbohidrat kompleks yang bisa memperlambat penyerapan gula dalam darah. Hal ini juga yang membuat nasi merah dimasukkan ke dalam menu diet.

  • Biji-bijian dan kacang-kacangan

Sumber karbohidrat lainnya yang aman dikonsumsi pengidap diabetes adalah biji-bijian dan kacang-kacangan. Jenis makanan ini bisa dimanfaatkan sebagai camilan atau tambahan pada makanan utama. Pengidap diabetes yang hendak menyantap biji-bijian kaleng harus mencucinya dulu agar kandungan garam di dalamnya berkurang hingga 40%.

  • Apel

Bukan cuma kaya akan cairan, apel juga bisa dikonsumsi untuk menjadi sumber tenaga bagi tubuh Anda. Rasa manis alami dalam apel bersahabat dengan tubuh pengidap diabetes, karena gula darah Anda tak akan serta-merta melonjak. Anda bisa mengolah apel menjadi jus atau smoothie tanpa harus menambah pemanis seperti gula pasir atau kental manis.

  • Ubi jalar

Umbi-umbian adalah sumber karbohidrat yang sering kali disantap sebagai pengganti nasi atau roti. Salah satu jenis umbi yang aman dikonsumsi pengidap diabetes adalah ubi jalar. Kandungan beta carotene di dalamnya dapat mencegah sejumlah penyakit berbahaya. Anda bisa mengolahnya dengan cara direbus atau dikukus.

  • Berries

Buah-buahan yang masuk ke dalam kategori berries ternyata kaya akan karbohidrat. Beberapa di antaranya adalah blueberry, raspberry, stroberi, dan pisang. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition dan diulas Everyday Health, mengonsumsi buah berries dapat membantu pengidap diabetes mengendalikan gula darah.

Semoga informasi ini membantu Anda menjaga kesehatan tubuh!

Share to