Terapi Relaksasi untuk Hadapi Pandemi COVID-19

Senin, 11 Mei 2020 Share to
Terapi Relaksasi untuk Hadapi Pandemi COVID-19

Pandemi virus corona (COvid-19) yang sudah terjadi di negara kita sejak bulan Maret ternyata masih berlangsung sampai saat ini. Selain rutin menjaga kebersihan tubuh, salah Satu Cara Tepat menghadapi Pandemi Covid-19 adalah dengan melakukan terapi relaksasi.

Dilansir dari laman situs liputan6.com, salah satu staf pengajar Divisi Psikoterapi Departemen Psikiatri FKUI/RSCM, dr. Petrin Redayani, mengungkapkan bahwa salah satu caranya menghadapi pandemi Covid-19 adalah dengan terapi relaksasi.

dr. Petrin menjelaskan, prinsip terapi relaksasi adalah melatih pernapasan, mengendurkan seluruh otot tubuh dan mensugesti pikiran ke arah konstruktif atau yang diinginkan akan dicapai. Terapi relaksasi bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.

1. Melatih pernapasan perut

Pernapasan perut bisa dilakukan dengan menghirup udara melalui hidung, kembangkan perut bukan dada. Dilanjutkan dengan menghembuskan udara melalui mulut, kempiskan perut.

2. Merilekskan otot-otot tubuh

Setelah melatih pernafasan perut, rilekskan otot dengan melakukan latihan peregangan pada otot-otot wajah, leher, bahu, lengan, dada, perut, dan kaki.

3. Pikirkan tempat yang tenang dan nyaman

Selama melakukan terapi relaksasi, pikirkan tempat-tempat yang membuat tenang seperti pantai, gunung, dan air terjun.

4. Utarakan kata-kata positif kepada diri sendiri

Selama relaksasi, coba utarakan kata-kata positif kepada diri sendiri, seperti. "mulai saat ini saya akan selalu tenang, rileks, dan sehat.”

Semoga informasi ini bermanfaat!

Share to