Virus Corona Akan Sembuh Dengan Sendirinya, Benarkah?

Minggu, 15 Maret 2020 Share to
Virus Corona Akan Sembuh Dengan Sendirinya, Benarkah?

Pasien positif Virus Corona di Indonesia terus bertambah, sampai dengan artikel ini ditulis sudah mencapai 1.285 yang terinfeksi 64 sembuh serta 114 kematian akibat virus COVID-19 ini. Dengan begitu persentase kematian akibat virus corona di Indonesia terbilang cukup tinggi di 8%. Mengapa begitu tinggi sedangkan pernyataan dari Mentri Kesehatan Indonesia Dr. Terawan Agus Putranto bahwa virus corona dapat sembuh dengan sendirinya. Apakah benar begitu?

Menurut guru besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Wiku Bakti Bawono Adisasmito yang juga merupakan anggota Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Sepakat dengan menkes bahwa virus corona dapat sembuh dengan sendirinya dengan syarat, harus memiliki daya tahan tubuh yang kuat serta sehat.

Bila daya tahan atau sistem imun kuat maka pada saat virus masuk ke dalam tubuh dapat dilawan dengan baik, oleh karena itu sangat disarankan untuk menjaga kesehatan serta kebersihan. Meski bisa sembuh dengan sendirinya masyarakat harus tetap waspada dan kenali gejala-gejala virus corona agar dapat ke rumah sakit rujukan dengan kondisi yang belum parah atau tahap awal yang persentasi kesembuhan lebih besar.

Bagi orang yang memiliki riwayat penyakit, harus lebih waspada karena kebanyakan korban nyawa dari virus corona ini sudah mempunyai riwayat penyakit sebelum terinfeksi, jadi resiko kematian lebih besar di banding yang tidak memiliki riwayat penyakit.

Share to