WHO: Penyebaran COVID-19 Bisa Melalui Udara

Jumat, 10 Juli 2020 Share to
WHO: Penyebaran COVID-19 Bisa Melalui Udara

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada Selasa,  (7/7/2020), mengakui 'bukti yang muncul' dari penularan virus Corona COVID-19 melalui udara (airborne). Hal ini akhirnya menjawab klaim 239 ilmuwan mengenai kemungkinan virus COVID-19 bisa menular melalui udara.

Pernyataan resmi WHO diungkapkan langsung oleh Maria Van Kerkhove, pimpinan teknis pada pandemi COVID-19 dalam sebuah konferensi pers. Dikutip dari laman South China Morning Post. Maria mengatakan bahwa, kami (WHO) sudah mengkonfirmasi kemungkinan transmisi udara (airborne) atau transmisi aerosol sebagai salah satu mode transmisi COVID-19.

Sebagai informasi, dilansir dari Scientific American, airborne merupakan istilah penularan patogen melalui aerosol (tetesan pernapasan kecil yang bisa tetap berada di udara). Aerosol ini tidak sama dengan tetesan besar yang jatuh ke tanah dalam beberapa meter.

Sebelum WHO mengumumkan mengkonfirmasi kemungkinan transmisi udara (airborne) atau transmisi aerosol sebagai salah satu mode transmisi COVID-19, ada lebih dari 239 ilmuwan di 32 negara yang menjelaskan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa COVID-19 punya partikel yang lebih kecil dan bisa menginfeksi manusia, para ilmuwan tersebut juga mendesak WHO untuk merevisi rekomendasinya.

Dilansir dari laman situs detikHealth, Benedetta Allegranzi, yang menjabat sebagai pimpinan teknis WHO untuk pencegahan dan pengendalian infeksi, mengungkapkan ada bukti yang muncul dari penularan virus Corona melalui udara, namun masih belum pasti. Menurutnya, pada kondisi tertentu, penularan virus COVID-19 bisa terjadi lewat udara.

Benedetta menjelaskan, ada kemungkinan penularan virus COVID-19 melalui udara di ruang publik - khususnya dalam kondisi yang padat, tertutup, dan pengaturan berventilasi buruk.

 

Setelah menyimak penjelasan di atas, walaupun saat ini kita sudah memasuki masa new normal, kita harus meningkatkan kewaspadaan, terutama saat beraktivitas di luar ruangan. Selalu pakai masker, rutin mencuci tangan dan selalu jaga daya tahan tubuh dengan menjalani gaya hidup sehat. 

 

Share to