Air Jeruk Nipis Bisa Bersihkan Paru-Paru Perokok, Mitos atau Fakta?

Selasa, 5 Mei 2020 Share to
Air Jeruk Nipis Bisa Bersihkan Paru-Paru Perokok, Mitos atau Fakta?

Di awal tahun 2020, ada sebuah akun Instagram yang menjelaskan tentang manfaat air jeruk nipis sebagai bahan alami untuk membersihkan paru-paru mereka yang sehari-hari aktif merokok.

Benarkah anggapan air jeruk nipis bisa membersihkan paru-paru orang yang merokok seperti yang dijelaskan dalam akun instagram tersebut?

Dilansir dari laman situs Health Liputan6.com, dokter Spesialis Paru, Mohammad Arifin Nawas, mengungkapkan bahwa anggapan itu tidak benar karena memang tidak ada hubungan antara paru-paru dengan air jeruk nipis.

Menurutnya, paru-paru itu beda karena menggunakan saluran napas. Jika jeruk nipis masuk melalui lambung, jadi tidak akan menuju ke organ paru-paru.  dr. Arifin menjelaskan, air jeruk nipis cuma bisa mengatasi gejala batuk dan bukan membersihkan paru-paru dari asap rokok.

Dokter yang berpraktek di Rumah Sakit Abdi Waluyo tersebut menambahkan, untuk membersihkan paru-paru dari asap rokok bisa memakai obat-obatan yang disebut mukolitik. Selain itu, bisa juga dengan melakukan kultur dahak, atau sputum.

Selain pengobatan medis, dr. Arifin menegaskan bahwa bahan-bahan alami sampai saat ini belum ada yang terbukti bisa membersihkan paru-paru, Jadi bisa disimpulkan anggapan air jeruk nipis bisa membersihkan paru-paru orang yang merokok tidak benar.

Share to