Buah Nangka Baik Untuk Penderita Diabetes dan Menurunkan Tekanan Darah, Benarkah?

Kamis, 27 Februari 2020 Share to
Buah Nangka Baik Untuk Penderita Diabetes dan Menurunkan Tekanan Darah, Benarkah?

Nangka, buah berukuran besar dengan duri yang tumpul dan punya getah yang lengket, tidak hanya enak dinikmati saat buahnya sudah matang, nangka yang masih mentah pun bisa diolah menjadi hidangan yang menggugah selera, salah satunya gudeg, masakan khas Yogya.

Buah yang satu ini juga katanya punya banyak manfaat kesehatan, seperti mengontrol diabetes dan menurunkan tekanan darah. Benarkah? Berikut penjelasan selengkapnya.

Mengontrol Diabetes

Untuk pasien diabetes, mengkonsumsi buah nangka bisa membantu dalam pengelolaan gula darah. Serat yang terkandung dalam nangka akan membantu memperlambat penguraian gula dalam darah dan karena itu menjaga gula darah diatur dan dikelola.

Nangka juga memiliki GI rendah, yang membuatnya cocok untuk penderita diabetes. Glycemic Index (GI) merupakan peringkat relatif karbohidrat dalam makanan sesuai pengaruhnya terhadap kadar glukosa darah.

Mengurangi Tekanan Darah

Karena buah nangka mengandung potasium yang tinggi, buah ini bisa membantu mengurangi dan mengontrol tekanan darah. Tidak cuma itu, karena kandungan potasiumnya, mengkonsumsi nangka bisa membantu kita untuk bisa meminimalisir kemungkinan terkena serangan jantung dan stroke serta gangguan kardio,

Itulah penjelasan singkat tentang manfaat buah nangka terhadap penderita diabetes dan mereka yang mengidap tekanan darah tinggi. Semoga informasinya bermanfaat dan bila Anda ingin tahu lebih jelas tentang hal ini, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan ahli medis atau ahli gizi.

Share to