Coklat Membantumu Membuat Mood Lebih Baik lho!

Kamis, 27 Juni 2019 Share to
Coklat Membantumu Membuat Mood Lebih Baik lho!

Rasa manis dan tekstur lembut cokelat buat siapa saja cepat jatuh hati dengan camilan tersebut. Berasal dari tanaman cocoa (Theobroma cocoa), cokelat telah diolah menjadi berbagai jenis makanan. Tak cuma itu, cokelat juga dapat memperbaiki suasana hati Anda, lho.

Efek cokelat terhadap perubahan mood

Studi yang dimuat di situs Healthsomeness melibatkan 60 responden yang merupakan siswa sekolah dibagi menjadi tiga kelompok dengan 10 anak perempuan dan 10 anak laki-laki. Setiap kelompok diberikan tiga jenis cokelat, yakni cokelat putih, cokelat hitam, dan cokelat susu selama dua minggu berturut-turut.

Hasilnya, responden dari kelompok cokelat hitam mengalami kenaikan mood signifikan dibandingkan dua kelompok lainnya. Cokelat terbukti mampu merangsang produksi endorfin, hormon yang membantu Anda merasakan kebahagiaan. Endorfin pula yang bertugas mengurangi rasa sakit hingga stres yang dialami seseorang. Konsumsi cokelat hitam tanpa gula dan susu pun dinilai akan memberikan khasiat yang lebih ampuh pada kesehatan Anda.

Manfaat-manfaat lain dari konsumsi cokelat

Bukan cuma memperbaiki suasana hati atau mood, mengonsumsi cokelat juga akan memberikan benefit lain pada kesehatan Anda seperti:

  • Meningkatkan fokus/konsentrasi

Cokelat mengandung flavonoid, senyawa yang terbukti mampu meningkatkan aliran darah ke otak. Studi yang dilakukan di Harvard Medical School menemukan bukti bahwa minum dua cangkir cokelat panas per hari akan melancarkan aliran darah selama dua hingga tiga jam setelah Anda mengonsumsinya. Tak hanya itu, otak juga mengalami kecepatan memori hingga mencapai 30%.

  • Menghindari stres berlebih

Kemudian, magnesium pada cokelat hitam terbukti membantu orang-orang meredakan stres sekaligus meningkatkan rasa nyaman dan relaks. Mengonsumsi cokelat yang dicampurkan susu dan almond pun dinilai dapat memperbesar peluang manfaat tersebut. Bahkan, magnesium pada cokelat bisa menekan risiko depresi, menyeimbangkan tekanan darah, dan mood swing pada perempuan yang sedang haid.

  • Memenuhi asupan nutrisi otak

Tidak banyak orang yang tahu kalau cokelat mengandung bifidobacterium dan laktobasilus, dua bakteri baik yang umumnya dijumpai pada suplemen probiotik. Kedua bakteri ini bukan hanya dapat mengurangi jumlah bakteri jahat dalam usus, melainkan juga memenuhi asupan nutrisi otak. Selain itu, bakteri-bakteri baik ini dapat berperan sebagai antioksidan yang akan melindungi otak dari serangan radikal bebas.

  • Sumber kafein yang menyehatkan

Selain teh dan kopi, cokelat juga merupakan sumber kafein yang bisa Anda konsumsi. Jumlah kafein dalam batas normal akan memberikan khasiat pada kesehatan tubuh, termasuk menghasilkan antioksidan tinggi hingga menunjang peredaran darah ke otak. Konsumsi cokelat secara berkala pun akan membuat Anda tak mudah stres dan mencegah penurunan fungsi kognitif dalam tubuh.

Selamat mencari cokelat berkualitas untuk memperbaiki suasana hati hingga meningkatkan kualitas kesehatan Anda!

Share to