Diabetes Ingin Makan Manis, Yuk, Kenalan Sama Stevia

Jumat, 8 Maret 2019 Share to
Diabetes Ingin Makan Manis, Yuk, Kenalan Sama Stevia

Gula merupakan musuh utama mereka yang mengidap diabetes. Hal inilah yang membuat banyak pakar kesehatan mewanti-wanti penderita diabetes untuk tidak mengonsumsi gula berlebih, bahkan sangat disarankan untuk menjauhi makanan manis, seperti cake, cokelat, dan lainnya.

Apakah setiap makanan manis terlarang?

Yang dimaksud makanan manis di sini sebenarnya makanan yang diolah dengan menggunakan pemanis yang berasal dari gula industri (sukrosa), seperti gula pasir, gula merah, gula semut dan lainnya, karena dapat meningkatkan risiko komplikasi pada penderita diabetes.

Meskipun begitu, para pakar setuju tidak semua makanan manis harus dijauhi. Buah-buahan, madu, dan kayu manis, merupakan salah satu contoh bahan makanan manis yang bisa dikonsumsi penderita diabetes.

Selain itu, Anda pun bisa mengonsumsi gula stevia, yang merupakan gula yang berasal dari ekstraksi daun tanaman Stevia rebaudiana (Bertoni), yang masuk ke dalam famili Ateraceae. Tanaman ini sangat aman karena tidak mengandung kalori, dan justru dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders, di 2004, menyebut jika hasil ekstrasi dari daun stevia memiliki rasa manis 200 kali dibanding rasa manis gula industri (gula pasir, gula merah dan lainnya), tapi tidak mengandung kalori.

Hal inilah yang membuat daun stevia disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes yang masih ingin menikmati makanan manis.

Penelitian lainnya yang diterbitkan dalam Journal of Dietary Supplement, konsumsi 200-500 mg gula stevia setiap hari, mampu menurunkan level gula darah, alkali fosfatase dan trigliserida, hingga 73 persen. Tidak hanya itu, mengonsumsi gula stevia sebelum makan pun terbukti efektif meningkatkan produksi insulin.

Sedangkan penelitian yang dilakukan di Kroasia, dan diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry, menyebut jika gula stevia terbukti ampuh untuk mencegah dan mengobati kanker usus. Manfaat ini akan meningkat signifikan jika Anda mengonsumsinya bersama dengan blackberry.

Meskipun memiliki manfaat yang baik, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi gula stevia dalam jumlah berlebih. Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi sumber makanan manis ini.

Share to