Fakta, Jamur Enoki Berbahaya Karena Bakteri Listeria

Kamis, 9 Juli 2020 Share to
Fakta, Jamur Enoki Berbahaya Karena Bakteri Listeria

Untuk Anda yang suka menyantap makanan Korea atau Jepang, pasti sudah tidak asing dengan jamur enoki yang hampir selalu menjadi salah satu komponennya. Tetapi sejak dilarang beredar oleh pemerintah, para penggemarnya tampaknya harus berpuasa menyantapnya, minimal untuk beberapa waktu.

Kenapa jamur enoki dilarang beredar? 

Dilansir dari laman situs detikHealth, Kementerian Pertanian atau Kementan melalui Badan Ketahanan Pangan mengumumkan bahwa jamur enoki berbahaya karena mengandung bakteri listeria. Produk impor dari Korea itu akhirnya ditarik seluruhnya dari peredaran demi mencegah terjadinya gangguan kesehatan di tengah masyarakat.

Infeksi bakteri listeria tidak boleh dianggap remeh karena bisa menyebar ke sistem saraf, khususnya pada anak kecil, lansia, dan mereka dengan sistem daya tahan tubuh yang lemah. Gejala yang muncul bisa berupa kejang,leher kaku, sakit kepala, dan hilang keseimbangan. Pada ibu hamil, walau mungkin ibu yang terinfeksi hanya mengalami gejala ringan, resiko fatal bisa menimpa bayi dalam kandungannya yang salah satu resikonya adalah keguguran.

Apakah hanya jamur enoki yang terkontaminasi listeria?

Dilansir dari laman situs FDA (Food and Drug Administration) milik pemerintah Amerika Serikat, bakteri listeria juga bisa mengkontaminasi makanan lain, seperti daging mentah, daging siap olah (sosis atau nugget), sayuran mentah, refrigerated pates, daging asap, seafood mentah, salad buah dan sayur, melon, serta susu, keju lunak, dan produk turunan lainnya yang tidak dipasteurisasi.

Melihat penjelasan di atas, bakteri listeria memang cukup mengerikan, tapi kita tidak perlu panik.  Cukup tingkatkan kewaspadaan saat memilih bahan makanan, seperti menghindari bahan-bahan makanan yang beresiko terkontaminasi bakteri listeria sementara waktu. Jangan lupa juga untuk selalu mencuci, mengolah, dan menyimpan bahan makanan dengan cara yang tepat agar seluruh bahan makanan itu terbebas dari bakteri yang bisa merugikan kesehatan kita semua.

 

Semoga informasinya bermanfaat!

Share to