Fakta Unik Mengenai Hipertensi yang Jarang Diketahui

Selasa, 6 November 2018 Share to
Fakta Unik Mengenai Hipertensi yang Jarang Diketahui

Hipertensi atau darah tinggi merupakan penyakit yang cukup mengerikan. Sama seperti diabetes, penyakit ini ditakuti karena komplikasinya. Jika tidak dirawat dengan baik, hipertensi bisa menyebabkan stroke, serangan jantung, kebutaan permanen dan berbagai dampak buruk lainnya.

Selain fakta mengerikan terkait hipertensi, ternyata masih banyak fakta lainnya yang cukup unik dan jarang diketahui. Mau tahu apa saja? simak yuk

Jarang Disadari

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 oleh Kemenkes-RI, sekitar 26,5 persen penduduk Indonesia berusia dewasa mengalami hipertensi. Sayangnya, dari jumlah tersebut hanya sekitar 35,8 persen atau sekitar sepertiganya saja yang mengetahui jika mereka mengidap penyakit ini.

Rupanya hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia. Centers for Disease Control and Prevention, di Amerika, menyebut hal yang sama, dan kondisi ini merata di seluruh dunia.

Berkaitan Dengan Pikun

Selama ini kebanyakan orang hanya tahu hipertensi berhubungan dengan stroke dan penyakit jantung. Padahal, tekanan darah tinggi yang disebabkan karena penyempitan pembuluh arteri ini bisa menyebabkan kerusakan fatal bagian tubuh lainnya, termasuk otak.

Penelitian menyebut jika penderita hipertensi yang berusia usia 45-65 tahun, berisiko lebih tinggi terkena pikun ketimbang mereka yang tidak terkena hipertensi.

Dari yang Muda hingga Anak-anak, Berisiko Hipertensi

Cukup mengejutkan memang. Tapi faktanya sekarang ini hipertensi tidak hanya diderita oleh orang yang sudah lanjut usia, tapi juga bisa diderita oleh anak-anak dan dewasa.

Penyebab dari masalah ini cukup beragam, dari mulai genetik hingga makanan. Meskipun begitu, faktor tertinggi yang menyebabkan banyaknya kaum mudah terkena hipertensi adalah, karena gaya hidup tidak sehat, seperti jarang berolahraga, merokok, dan lainnya.

Bukan Pria, Justru Hipertensi Lebih Mungkin Diderita Wanita

Banyak yang beranggapan hipertensi merupakan penyakit pria. Padahal menurut faktor risiko, yang paling mungkin mengidap hipertensi justru kaum wanita.

Hal ini disebabkan karena faktor hormonal yang membuat wanita rentan terkena hipertensi. Selain itu, faktor kehamilan (hipertensi gestasional), faktor menopause, konsumsi pil KB, faktor genetik dan stres menjadi alasan utama kenapa hipertensi lebih banyak diderita kaum wanita.

Bagaimana, sudah tahu kan sekarang fakta-fakta unik terkait hipertensi? Semoga saja informasi ini membuat Anda makin waspada terkait ancaman hipertensi.

 

Share to