Flu Bisa Dicegah Dengan Rajin Cuci Tangan, Mitos atau Fakta?

Kamis, 9 Januari 2020 Share to
Flu Bisa Dicegah Dengan Rajin Cuci Tangan, Mitos atau Fakta?

Kalau kita tidak ingin tertular flu ataupun sedang terkena flu, kita disarankan untuk lebih rajin mencuci tangan. Benarkah saran tersebut dan apa sebenarnya tujuan di balik saran tersebut? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Tangan kita adalah bagian tubuh yang sangat sering kita gunakan untuk beraktivitas. Saat tangan menyentuh banyak benda, secara otomatis bakteri dan virus pun akan semakin banyak bersarang di tangan kita, termasuk salah satunya mungkin virus flu. Virus flu bisa menular melalui benda-benda di sekitar manusia melalui salah satu organ tubuh yang paling sering digunakan, yaitu tangan.

Nah, kebersihan tangan akan sangat membantu mencegah perpindahan virus dari tangan penderita ke tubuh manusia sehat lainnya. Terlebih, saat kita sedang flu, tangan akan lebih sering digunakan untuk menutup mulut dan hidung saat sedang bersin serta membuang ingus. Karena itulah penting untuk rajin mencuci tangan supaya orang sekitar seperti keluarga tidak ikut tertular virus flu.

Berbagai macam virus, kuman, dan bakteri yang ada di tangan kita bisa terhindarkan dengan mencuci tangan. Tapi Anda perlu ingat, jangan asal saat mencuci tangan. Dilansir dari laman situs NSW Health, mencuci tangan yang tepat adalah dilakukan selama 10 detik di bawah air yang mengalir dan memakai sabun.

Tidak hanya lebih rajin mencuci tangan, penderita flu juga sangat disarankan untuk melakukan beberapa cara supaya bisa cepat sembuh dan tidak menularkan virus ke orang terdekat. Salah satu cara yang cukup efektif adalah dengan menggunakan masker dan segera mengonsumsi obat-obatan yang tepat untuk mengobati flu yang diderita.

Anda harus tahu bahwa mengatasi flu harus sesuai gejala. Pilih obat yang mengandung bahan aktif yang bisa membantu mengatasi gejala yang sedang dialami, seperti penurun panas, bersin-bersin, sakit kepala, sakit menelan, dan apakah disertai batuk atau tidak. Jika sudah minum obat tapi flu belum reda, segera konsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan pengobatan yang lebih akurat.

Share to