Garam Himalaya Nggak Masalah Dikonsumsi Pengidap Hipertensi

Selasa, 22 Oktober 2019 Share to
Garam Himalaya Nggak Masalah Dikonsumsi Pengidap Hipertensi

Tahukah Anda bahwa garam dapur atau garam meja bukan satu-satunya jenis garam yang beredar di dunia? Ya, faktanya ada jenis garam lain dengan manfaat berbeda, termasuk garam Himalaya. Berbeda dari garam dapur yang punya warna putih dan memiliki butiran halus, maka garam Himalaya punya butiran yang cenderung besar dengan warna merah muda.

Keunikan garam Himalaya tak berhenti sampai di sana. Sebagian orang yang sudah mencicipinya mengatakan kalau jenis garam tersebut aman dikonsumsi penderita hipertensi yang notabene harus menghindari garam. Lantas, apa saja manfaat yang akan Anda dapatkan dari garam Himalaya? Apa saja perbedaannya dari garam dapur selain dari bentuk dan warna?

Mengenal garam Himalaya, si garam sehat

Mendapatkan garam Himalaya tak semudah saat Anda membeli garam dapur. Jenis garam tersebut berasal dari tambang garam terbesar kedua di dunia, Khewra Salt Mine, yang ada di kaki pegunungan Himalaya. Garam ini telah terkubur selama ribuan tahun di bawah lapisan es, lava, dan salju serta menjadikannya sebagai salah satu garam paling murni di dunia.

Warna merah muda pada garam Himalaya berasal dari zat besi di dalamnya. Ketika ditaburkan ke dalam makanan, garam ini akan memberikan warna menarik, lho. Selain itu, tak ada zat tambahan pada garam Himalaya, berbeda dari garam dapur yang membutuhkan proses tertentu.

Kemudian, kandungan natrium dalam garam Himalaya hanya sekitar 420 gram dalam seperempat sendok teh, sedangkan pada jumlah yang sama garam dapur mengandung 600 gram natrium. Hal inilah yang memungkinkan garam Himalaya aman dikonsumsi penderita hipertensi karena kemampuannya dalam mengendalikan tekanan darah. Anda yang punya penyakit ginjal sirosis hati, hingga gagal jantung kongestif juga bisa memakai garam Himalaya.

Manfaat-manfaat garam Himalaya untuk kesehatan

Selain dapat mengontrol tekanan darah, garam Himalaya juga punya khasiat lain untuk kesehatan, di antaranya:

  • Menjaga hidrasi dalam tubuh. Tubuh manusia mengandung garam elektrolit yang berfungsi untuk menjaga stabilitas cairan, sehingga Anda akan terhindar dari dehidrasi. Konsumsi garam Himalaya mempertahankan hidrasi dan membantu tubuh dalam melancarkan komunikasi sinyal saraf hingga menunjang fungsi otot;
  • Menyeimbangkan pH tubuh. Kadar natrium yang tepat dapat menetralkan asam dalam tubuh, sehingga pH akan tetap seimbang. Selain itu, garam Himalaya juga akan memastikan sistem kekebalan tubuh Anda tak menurun drastis. Manfaat lainnya dalam hal ini mencakup menjaga kepadatan tulang hingga fungsi ginjal;

Melancarkan proses detoksifikasi. Berendam menggunakan garam Himalaya ternyata dapat membantu tubuh mengeluarkan racun, lho. Kandungan di dalamnya bisa menarik racun keluar melalui kulit maupun jaringan lemak. Otot-otot tubuh Anda pun akan lebih relaks dan membuat Anda kembali bugar serta berenergi.

Share to