Ibu Hamil Boleh Makan Nanas Saat Hamil, Masa Sih?

Rabu, 22 Januari 2020 Share to
Ibu Hamil Boleh Makan Nanas Saat Hamil, Masa Sih?

Saat hamil dilarang makan nanas. Hampir semua wanita hamil pasti pernah dengar pantangan yang satu ini karena memang banyak sekali orang yang percaya bahwa nanas bisa menyebabkan keguguran. Tapi ada juga orang yang percaya bahwa ibu hamil boleh makan nanas saat hamil.

Yang manakah yang benar dan harus kita percayai?

Fakta yang benar adalah makan nanas saat hamil tidak sebabkan ibu hamil keguguran karena dosis bromelain dalam satu buah nanas segar utuh tidak cukup tinggi untuk bertindak sebagai obat yang berdampak pada kehamilan karena itulah ibu hamil boleh mengkonsumsi nanas.  Dilansir dari NCBI, berdasarkan studi Duke University Medical Center di 2011, satu porsi jus nanas segar yang dimurnikan dari batang (sumber utama bromelain) hanya mencapai 16 mg.

Jumlah dosis bromelain yang ditemukan pada nanas segar pada penelitian tersebut terlalu sedikit untuk memiliki efek perubahan nyata pada rahim dan sistem reproduksi. Tidak hanya itu, hampir sebagian besar kandungan bromelain akan hilang selama proses pengalengan atau jika disajikan dengan dibuat jus. Supaya kandungan bromelain murni dalam buah nanas bisa mencapai efek menggugurkan kandungan, seorang ibu hamil harus makan 7-10 buah nanas segar utuh sekaligus, dan hal ini sepertinya mustahil untuk dilakukan ibu hamil.

Aman dalam Porsi yang Tepat

Makan nanas ketika hamil masih aman asalkan dalam porsi secukupnya, yaitu tidak lebih dari 3 porsi per hari setiap minggu selama kehamilan. Porsi tersebut pada umumnya tidak akan menyebabkan dampak buruk pada keselamatan kehamilan Anda.

Tapi, ingat tidak semua wanita boleh konsumsi nanas saat hamil. Makan nanas mungkin tidak membahayakan nyawa janin atau membuat Anda masuk ke persalinan terlalu dini, namun nanas bisa memiliki efek tidak nyaman bagi Anda memiliki perut sensitif. Asam dalam nanas bisa menyebabkan perut mulas atau refluks asam lambung.

Terlebih jika Anda mengonsumsi jus nanas yang belum cukup matang, bromelain yang terkandung mungkin berisiko mendatangkan efek pencahar parah, yang akan bisa menyebabkan diare. Selain itu, wanita hamil yang memiliki diabetes gestasional mungkin perlu berhati-hati tentang konsumsi nanas, terutama dalam bentuk jus karena jus buah merupakan sumber gula alami terkonsentrasi tinggi dari buah-buahan utuh, sehingga bisa menyebabkan gula darah meningkat tajam jika dikonsumsi dalam jumlah besar dalam satu waktu.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jika Anda ingin mendapat informasi yang lebih lengkap mengenai hal ini bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan Anda.

Share to