Keluar Rumah Tanpa Makeup Nggak Masalah Asal Jangan Lupa Tabir Surya, Mitos atau Fakta?

Selasa, 18 Februari 2020 Share to
Keluar Rumah Tanpa Makeup Nggak Masalah Asal Jangan Lupa Tabir Surya, Mitos atau Fakta?

Saat hendak beraktivitas di luar ruangan, para wanita biasanya akan kurang percaya diri apabila tidak memakai make up. Tidak cukup dengan make up, tidak sedikit wanita yang juga memadukan tabir surya dengan make up karena tidak ingin kulitnya terkena efek buruk dari sinar matahari.

Tapi ada juga pendapat yang mengatakan bahwa tanpa make up pun kulit akan terlindung dari sinar matahari asalkan tetap memakai tabir surya. Benarkah pendapat ini? Tampaknya pendapat ini benar adanya karena yang bisa melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari sebenarnya tabir surya dan bukan make up. Ada memang make up yang dilengkapi dengan UV protector, tapi tetap saja mengingat fungsi utamanya adalah sebagai kosmetik, maka sekalipun  sudah dilengkapi dengan UV protector, kinerja tabir surya pasti lebih baik dalam melindungi kulit

Lalu, bagaimana cara mengaplikasikan sunblock atau tabir surya supaya kulit terlindungi maksimal dari paparan sinar matahari dan kapan waktu terbaik untuk mengaplikasikannya?

Srie Prihianti, dokter spesialis kulit, menganjurkan, tabir surya sebaiknya dipakai minimal 20 menit sebelum keluar ruangan. Ini dilakukan supaya penyerapan tabir surya ke kulit lebih maksimal sehingga perlindungannya akan lebih optimal. Jangan hanya sekali mengoleskan, tapi sebaiknya berulang kali kalau memang Anda akan lama berada di luar ruangan.Disarankan, tabir surya diaplikasikan dua jam sekali.

Selain waktu pemakaian, takaran tabir surya juga perlu diperhatikan. Jangan terlalu sedikit, tapi jangan terlalu berlebihan. Mengacu pada referensi medis internasional, Srie Prihianti menjelaskan, takaran tabir surya yang dianjurkan adalah 2 mg/cm persegi atau 2 cc/cm persegi. Supaya lebih mudah mengukurnya, Srie Prihianti menyarankan untuk menggunakan takaran berupa sendok teh (sdt).Contoh, pada area leher dan wajah, anjurannya adalah 1 sdt. Lalu 2 sdt untuk torso depan dan belakang.

Lalu adakah efek buruk yang akan terjadi jika takaran tabir surya berlebih? Menurut Srie Prihianti tidak ada efek samping, hanya jadinya mubazir. Karena jika terlalu banyak, tidak akan terserap juga ke kulit kita.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jika Anda ingin tahu lebih lengkap tentang hal ini, Anda bisa berkonsultasi dengan ahlinya, yaitu dokter spesialis kulit.

Share to