Ketiak Hitam Bisa Diatasi Dengan Lemon, Benarkah?

Jumat, 22 November 2019 Share to
Ketiak Hitam Bisa Diatasi Dengan Lemon, Benarkah?

Selain pada bagian-bagian yang dapat dijangkau, perawatan tubuh juga harus dilakukan pada bagian yang sulit dicapai atau tersembunyi. Dalam hal ini, ketiak merupakan salah satu bagian tubuh yang sebenarnya bisa Anda pegang atau raba tanpa kesulitan. Namun, tak sedikit orang yang mengabaikan ketiak karena lokasinya tersembunyi.

Melewatkan ketiak dari perawatan tubuh berkala akan membuatnya menghitam dan mengeluarkan bau kurang sedap. Tumpukan kotoran yang terlalu tebal pun tak bisa Anda kikis dengan sabun mandi biasa. Syukurnya, ada bahan-bahan alami seperti lemon yang dipercaya mampu mengembalikan kecerahan dan kebersihan ketiak. Lantas, seampuh apa lemon melakukan fungsinya tersebut?

Lemon sebagai pembersih alami ketiak

Faktor penyebab ketiak hitam cukup bervariasi, dari jarang dibersihkan, salah memakai deodoran, atau mencabut/mencukur rambut ketiak sembarangan. Jika sabun biasa tak memberi hasil yang diharapkan, sudah saatnya Anda menggunakan lemon sebagai ‘senjata’ pengusir ketiak hitam.

Lemon, seperti jeruk dan cabai, termasuk sumber vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat buat menjaga daya tahan tubuh. Kombinasi nutrisi ini pula yang dapat membantu regenerasi pada kulit dan membuatnya kembali cerah. 

Kandungan lain yang ada dalam lemon adalah magnesium, kalium, dan kalsium. Ketiganya telah lama dikenal sebagai pemutih alami. Tidak hanya itu, lemon juga berperan sebagai antiseptik dan antibakteri yang mampu mencegah iritasi pada ketiak.

Nah, buat Anda yang pengin memanfaatkan lemon sebagai pengusir kotoran pada ketiak, berikut resep-resep yang bisa diaplikasikan.

  • Masker dan irisan lemon

Cara ini terbilang praktis karena yang perlu Anda lakukan hanya memeras lemon, lalu oleskan air lemon pada bagian hitam di ketiak. Lakukan dua kali seminggu saja karena kandungan dalam lemon berisiko mengiritasi kulit. Cara lain yang dapat Anda lakukan kalau sedang buru-buru atau malas memeras lemon adalah mengusapkan irisan lemon pada ketiak selama 3-5 menit, lalu bilas dengan air bersih.

  • Lemon dan baking soda

Campuran baking soda dapat memudahkan regenerasi kulit sekaligus mencerahkan. Caranya pun terbilang mudah. Potong-potong lemon terlebih dulu, lalu peras dan simpan sarinya ke dalam wadah bersih. Kemudian, aduk-aduk bersama satu sendok makan baking soda sampai membentuk pasta. Aplikasikan campuran tadi pada permukaan ketiak sampai mengering, lalu bilas dengan air bersih.

  • Lemon dan garam

Resep yang satu ini bisa Anda manfaatkan juga sebagai scrub. Campurkan sari lemon dengan satu sendok teh garam, lalu aduk hingga merata. Oleskan campuran tersebut pada bagian ketiak yang menghitam sambil sesekali dipijat lembut. Diamkan sampai kering, lalu seka menggunakan kain basah sampai tak lagi berbekas.

Semoga resep-resep di atas membantu Anda mendapatkan ketiak bersih dan cerah dengan berbekal sebutir lemon!

Share to