Konsumsi Nanas Bisa Sebabkan Keguguran? Ini Faktanya

Senin, 18 Mei 2020 Share to
Konsumsi Nanas Bisa Sebabkan Keguguran? Ini Faktanya

Anggapan tentang buah nanas bisa menyebabkan keguguran sampai saat ini masih sering terdengar. Tidak jarang anggapan ini menimbulkan dilema di kalangan ibu yang sedang menjalani kehamilan. Beberapa ada yang percaya, rasa nanas yang asam dan zat tertentu di dalamnya bisa membahayakan kondisi janin dalam kandungan.

Lalu, seperti apa faktanya?

Dilansir dari laman situs Health Liputan6.com, Dokter Dwiana Ocvianty SpOG(K), mengungkapkan bahwa anggapan nanas bisa menyebabkan keguguran tidak memiliki dasar ilmiah sama sekali. dr. Dwiana juga menambahkan, semua ibu hamil boleh makan nanas.  Tapi, dr. Dwiana menyarankan, ibu hamil yang ingin mengkonsumsi nanas harus memperhatikan kebersihan nanas dan tidak berlebihan saat mengonsumsi buah asam yang satu ini. Ketika mengkonsumsinya, dalam satu porsi tidak boleh lebih dari 200 gram.

Pernyataan serupa juga diutarakan oleh dr. Better Versi Paniro, SpOG, dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi. Secara medis, menurut dr. Better, anggapan makan nanas bisa menyebabkan keguguran itu adalah mitos.  dr. Better menjelaskan, buah nanas memang mengandung bromelain (enzim proteolitik) yang berada pada bagian batang dan buah nanas. Enzim ini yang membuat lidah terasa pedas atau gatal setelah mengkonsumsi nanas.

Menurut dr. Better, dosis bromelain dalam 1 buah nanas utuh tidak cukup tinggi untuk menyebabkan keguguran dan bahkan masalah pencernaan lainnya. Namun, konsumsi nanas dalam jumlah besar bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada lambung. dr. Better menambahkan, pada dasarnya semua ibu hamil boleh mengkonsumsi nanas dengan catatan tidak memiliki riwayat gangguan lambung atau merasa mual dan muntah saat makan nanas. Baik nanas yang sudah matang atau nanas muda memiliki kandungan bromelain yang sama.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jika Anda ingin informasi lebih jauh tentang hal ini bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan.

Share to