Merokok Bisa Membuat Rambut Cepat Ubanan

Senin, 15 Juli 2019 Share to
Merokok Bisa Membuat Rambut Cepat Ubanan

Merokok tak dinyana mengganggu kesehatan seseorang, bahkan bagi Anda yang bukan perokok aktif. Dari sekian banyak efek samping yang ditimbulkan kebiasaan buruk tersebut, rambut beruban adalah dampak yang belum disadari sebagian besar orang. Pasalnya, mereka menganggap memutihnya rambut hanya disebabkan proses penuaan. 

Lantas, apa faktor yang menyebabkan adanya hubungan antara merokok dengan rambut beruban?

Pemicu uban akibat merokok

Rambut, seperti bagian tubuh lain, mempunyai anatomi dengan masing-masing fungsi. Sebut saja folikel yang menjadi tempat tumbuhnya rambut yang terdiri atas sekumpulan sel bernama melanosit. Sel-sel ini yang berperan penting dalam memproduksi melanin, pigmen yang berfungsi memberikan warna gelap pada rambut Anda. Seiring bertambahnya usia, produksi melanin turun akibat matinya melanosit. Faktor inilah yang pada akhirnya memutihkan rambut dan terjadi pada sebagian besar lansia.

Akan tetapi, studi yang dilakukan pada 2010 menemukan perokok 2,5 kali lebih berisiko mempunyai uban, bahkan sejak usia muda dibandingkan mereka yang tak merokok. Rambut putih tersebut rata-rata muncul saat mereka memasuki usia 30 tahun atau satu-dua dekade lebih awal daripada semestinya.

Hal tersebut disinyalir berhubungan kuat dengan kandungan pada rokok yang sifatnya menyerupai radikal bebas. Kandungan inilah yang memicu stres oksidatif terhadap melanosit dan mengakibatkan kerusakan pada sel-sel itu. Pada akhirnya melanosit berhenti memproduksi melanin.

Tidak sampai di situ, merokok juga berkontribusi pada penyempitan pembuluh darah. Aliran darah yang mengarah ke folikel mengalami penurunan drastis yang memicu kerontokan. Tak menutup kemungkinan ada risiko-risiko lain yang bakal mengganggu kesehatan rambut Anda dari kebiasaan merokok.

Faktor lain pemicu uban di usia muda

Kemunculan uban sebelum usia 30 tahun pasti akan membuat Anda panik, bukan? Selain karena rokok, ternyata ada penyebab lain yang mengakibatkan rambut cepat beruban, antara lain:

  • Faktor genetik. Faktor keturunan berpengaruh besar terhadap rambut beruban di usia muda. Jika Anda punya anggota keluarga yang beruban sebelum memasuki kepala tiga atau empat, peluang Anda mendapatkannya pun bakal semakin besar. Walau faktor ini tak bisa dicegah, uban bisa ditangani dengan mewarnai rambut;
  • Kurangnya asupan vitamin B12. Vitamin B kompleks seperti B12 berperan menjaga kesehatan sel darah merah. Pasalnya, sel-sel tersebut punya tugas untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, tak terkecuali melanosit di folikel rambut. Kurangnya asupan vitamin B12 secara tidak langsung akan memicu pembentukan uban sejak dini akibat kurangnya pasokan oksigen;

Penyakit tertentu. Faktor lainnya yang meningkatkan peluang rambut beruban adalah penyakit tertentu, seperti gangguan kelenjar tiroid serta penyakit autoimun. Dalam kondisi tersebut, sistem kekebalan tubuh Anda akan keliru menafsirkan sesuatu hingga menyerang melansolit yang akan menghambat produksi melanin.

Share to