Minuman-minuman Kemasan Penuh Gula, Masa Sih?

Kamis, 24 Oktober 2019 Share to
Minuman-minuman Kemasan Penuh Gula, Masa Sih?

Minum adalah salah satu kebutuhan dasar manusia, tetapi kadang air putih saja tak cukup buat melepas dahaga. Beberapa orang memilih susu, teh, jus, atau kopi. Ada juga yang mengonsumsi minuman kemasan yang rasanya lebih manis dan menyegarkan.

Kendati mengandung kalori tinggi untuk menyuplai energi, ternyata konsumsi gula lebih dari 150 kalori atau 3,5 gram per hari berpotensi menimbulkan sindrom metabolik, obesitas, dan darah tinggi. Berikut ini ada beberapa minuman kemasan dengan kandungan gula tinggi yang perlu Anda waspadai.

  • Teh kemasan

Menyantap makan siang ditemani teh kemasan menjadi kebiasaan yang umum bagi masyarakat Indonesia. Bentuknya dapat berupa botol, karton, hingga kaleng. Rasa teh kemasan memang tak jauh berbeda dari teh seduh, tetapi tak banyak yang tahu kalau dalam 250 ml teh kemasan mengandung sekitar 21 gram gula. Apabila satu sendok teh setara dengan 5 gram, maka minum teh kemasan berarti sama saja dengan makan 4,2 sendok gula.

  • Sari kacang kemasan

Sekarang ini sudah tersedia minuman kemasan organik yang terbikin dari ekstrak kacang kedelai, almond, dan kacang hijau. Tak sedikit orang yang memilihnya untuk menurunkan berat badan karena dianggap menyehatkan. Sayangnya, anggapan tersebut tak sepenuhnya benar, sebab minuman jus 350 ml setara dengan 32 gram gula. Sementara produk susu kedelai 250 ml mengandung 5-11 gram. Program diet Anda pun berisiko gagal karenanya.

  • Minuman ringan

Minuman ringan atau soft drink memang paling nikmat diminum di siang hari yang panas. Namun, Anda harus mengontrol konsumsinya, lho. Pasalnya dalam minuman ringan 330 ml terdapat kurang lebih 6,6 sendok teh gula. Kadar tersebut terlalu tinggi untuk asupan harian dan berisiko menyebabkan penyakit serius di kemudian hari. Asam pada gula dalam soft drink juga berpotensi melemahkan enamel hingga memicu pertumbuhan plak bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.

  • Jus kemasan

Jika Anda mengunjungi food court atau jajanan pinggir jalan, Anda mungkin pernah menjumpai orang-orang yang menual jus kemasan. Bahan-bahan yang digunakan memang berasal dari buah asli, tetapi apa Anda pernah memperhatikan pemanis yang dimasukkan sebagai campuran? Beberapa penjual kerap menambahkan 3-4 sendok gula atau 40 ml gula cair per porsi. Dampak positif dari buah pun tak akan terlalu dirasakan tubuh.

  • Minuman saset

Minuman saset adalah jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Jenisnya bervariasi dari susu, kopi, hingga yang mempunyai rasa buah. Sayangnya, jumlah pemanis yang dipakai dalam minuman saset terbilang sangat tinggi. Untuk satu minuman saset berukuran 8 gram saja mengandung sekitar 7 gram atau seperempat sendok teh gula. Bayangkan akan sebahaya apa efek samping yang ditimbulkan.

Share to