Optimis Katanya Bikin Seseorang Hidup Lebih Lama Lho!

Selasa, 11 Februari 2020 Share to
Optimis Katanya Bikin Seseorang Hidup Lebih Lama Lho!

Ada pendapat yang mengatakan bahwa optimis bisa bikin seseorang lebih lama, benarkah anggapan ini atau cuma mitos belaka? Anggapan ini ternyata benar dan bukan hanya mitos belaka karena menurut penelitian di Amerika Serikat, orang yang memiliki pola pikir positif dan bersikap optimis cenderung hidup lebih lama.

Penelitian yang dilansir oleh laman situs Harper's Bazaar Inggris, tersebut mengungkapkan bahwa rata-rata umur mereka yang optimis 11-15% lebih lama ketimbang mereka yang pesimis sehingga tidak sedikit yang mencapai usia 85 tahun.  Mereka yang merupakan penganut optimisme ternyata bisa lebih baik dalam mengendalikan emosi dan lebih mampu mengendalikan stres. Hal inilah yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik dan mereka bisa hidup lebih lama.

Penelitian tersebut dilakukan dengan memakai 2 data yang tidak sama. Data yang pertama adalah dari data kelompok mereka yang terdaftar untuk Studi Kesehatan Perawat yang jumlahnya 70 orang (wanita). Data yang kedua berasal dari Studi Kesehatan Veteran yang diikuti 1.500 orang (pria). Tingkat optimisme dan kesehatan mereka yang mengikuti penelitian tersebut seluruhnya bisa diakses, termasuk di dalamnya rutinitas olahraga dan diet, dan berapa banyak mereka merokok dan juga minum.

Ketua developmental psychology di Universitas Bristol, Profesor Hood, menguatkan salah satu hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa optimisme bisa membuat seseorang mengatasi stres lebih baik. Profesor Hood merasa optimis memang bisa mengatasi stres lebih baik. Sikap optimis bisa menghindari hal-hal negatif dalam kehidupan seseorang.

Menurutnya, stres bisa berefek buruk pada sistem daya tahan tubuh dan kemungkinan  optimis juga bisa mengatasi infeksi dengan lebih baik. Sejumlah penelitian juga menghubungkan stres dengan komponen kromosom yang dikaitkan dengan penuaan sel dan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Melihat fakta-fakta di atas, yuk mulai sekarang berusaha untuk lebih optimis agar hidup menjadi lebih sehat karena bisa terbebas dari stres dan peluang untuk hidup lebih lama menjadi lebih besar.

Share to