Salmon Mentah Lebih Sehat Daripada Salmon Matang? Ini Faktanya

Minggu, 19 April 2020 Share to
Salmon Mentah Lebih Sehat Daripada Salmon Matang? Ini Faktanya

Salmon selama ini dikenal sebagai salah satu bahan pangan yang menyehatkan. Rutin mengkonsumsi ikan yang kaya akan omega-3 ini dipercaya sangat baik untuk kesehatan jantung. Tidak hanya mengandung asam lemak omega-3, salmon juga merupakan sumber protein yang kaya mineral dan beberapa jenis vitamin.

Kandungan gizi yang tinggi dari salmon tersebut berasal dari plankton dan ganggang yang merupakan sumber makanan ikan subtropis ini. Nah, supaya kandungan asam lemak dan nutrisi lain tidak rusak, salmon harus diolah secara benar.

Dilansir dari laman situs lifestyle.kompas,com, seorang ahli gizi, Rita Ramayulis, M.Kes, mengungkapkan bahwa cara terbaik untuk mengkonsumsi salmon adalah dengan dimakan mentah. Menurutnya, tidak perlu takut mengkonsumsi salmon mentah karena setelah ditangkap ikan ini langsung dibuang isi perut dan insangnya.

Tapi Rita mengingatkan, untuk salmon yang akan dikonsumsi mentah, pilihlah salmon yang segar dan tidak berbau anyir. Pilih ikan salmon dengan mata yang jernih dengan insang berwarna kemerahan. Pastikan juga potongan daging ikan haruslah kenyal, lembab, dan berwarna cerah. Daging salmon yang berwarna merah muda menunjukkan kadar omega-3 yang tinggi.

Jika memang tidak suka dengan ikan mentah, menurut Rita, salmon boleh ditumis dengan minyak sedikit dengan suhu (api) yang rendah dan waktu yang singkat saja. Pemasakan dengan suhu terlalu tinggi menurut Rita bisa mengurangi kadar omega-3 dan meningkatkan kadar lemak jenuhnya.

 

Share to