Terlalu Sering Konsumsi Makanan Pedas Bikin Pikun? Ini Faktanya

Sabtu, 13 Juni 2020 Share to
Terlalu Sering Konsumsi Makanan Pedas Bikin Pikun? Ini Faktanya

Makanan dengan rasa pedas memang disukai,  khususnya oleh mereka yang tinggal di benua Asia, seperti Indonesia. Jadi tidak heran jika banyak yang mengatakan bahwa akan terasa kurang lengkap jika makan tanpa sambal.  Namun, dilansir dari laman situs kompas.com, sebuah riset mengungkapkan bahwa mengkonsumsi makanan pedas terlalu banyak kurang baik untuk kesehatan karena bisa menyebabkan pikun.

Riset yang diterbitkan dalam The medical journal Nutrients tersebut meneliti hubungan antara diet pedas dan demensia (penyakit yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan cara berpikir). Para peneliti menemukan, mereka yang menghabiskan lebih dari 50 gram cabai dalam sehari lebih mengalami penurunan kognitif dan juga daya ingat.

Riset ini merupakan penelitian perdana yang meneliti hubungan antara fungsi kognitif dan asupan cabai. Riset tersebut dilakukan selama 15 tahun di bawah pimpinan Zumin Shi. Riset dilakukan dengan meneliti 4.582 orang dewasa di China yang berusia 55 tahun ke atas.

Selama penelitian, para peneliti menemukan bahwa cabai sebagian besar dikonsumsi oleh mereka yang memiliki indeks massa tubuh rendah dan juga pendapatan yang lebih rendah. Mereka yang hobi mengkonsumsi cabai ini secara fisik memang lebih aktif dibandingkan dengan orang kebanyakan.

Di akhir penelitian, para pentliri menemukan mereka yang menghabiskan lebih dari 50 gram cabai dalam sehari mengalami penurunan kognitif yang lebih cepat. Dengan kata lain, penelitian ini mengungkapkan bahwa konsumsi cabai berlebihan bisa meningkatkan risiko masalah kognitif dan penurunan daya ingat pada seseorang, jika dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi kurang dari 50 gram cabai dalam sehari.

Dalam penelitian ini, para peneliti juga menemukan efek buruk dari konsumsi cabai berlebihan pada kemampuan kognitif orang-orang yang telah berusia lanjut. Namun, seorang peneliti bernama, Ming Li dari University of South Australia, mengungkapkan hanya cabai segar dan kering yang berbahaya bagi otak. Sedangkan lada hitam dan capsicum manis tidak menunjukkan efek buruk pada kesehatan seseorang.

Melihat fakta-fakta di atas, ada baiknya jika kita tidak berlebihan mengkonsumsi makanan pedas. Selain beresiko menyebabkan pikun, terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas juga kurang baik untuk kesehatan pencernaan kita.

 

Semoga informasinya bermanfaat!

Share to