4 Tanda Batuk yang Berbahaya pada Anak

Jumat, 3 April 2020 Share to
4 Tanda Batuk yang Berbahaya pada Anak

Batuk adalah salah satu penyakit yang cukup sering menyerang anak-anak. Walaupun batuk yang ringan seringkali bisa hilang dengan sendirinya, bukan berarti kita boleh menganggap remeh kondisi batuk pada Si Kecil.

Jika Si Kecil batuk disertai dengan gejala lain, maka mungkin saja kondisi tersebut adalah gejala dari suatu penyakit tertentu. Karena itulah kita harus selalu waspada dan memperhatikan kondisi batuk pada Si Kecil dan kenali beberapa tanda batuk yang berbahaya pada anak-anak berikut ini.

1. Batuk yang Disertai Sesak Napas

Batuk yang terus-menerus atau batuk terlalu keras berisiko membuat Si Kecil mengalami sesak napas. Ciri-ciri Si Kecil yang sesak napas adalah terdengar suara saat ia menarik nafas. Si Kecil yang kesulitan bernapas juga ditandai dengan adanya peningkatan jumlah gerakan napas.

Anda bisa memberikan pertolongan pertama pada Si Kecil yang mengalami batuk ini dengan mengajaknya untuk menghirup uap air panas selama 15 sampai 20 menit. Cara ini bisa membantu menghangatkan dan membuka saluran napas Si Kecil, sehingga ia bisa kembali bernapas dengan normal. Jika tidak ada perubahan, segeralah periksakan Si Kecil ke fasilitas medis terdekat

2. Batuk Kering yang Semakin Parah pada Malam Hari

Umumnya, kondisi batuk seperti ini disebabkan oleh asma, kondisi di mana saluran udara di paru-paru menyempit dan meradang, sehingga paru-paru menghasilkan lendir. Akibatnya, timbul rasa gatal yang menyebabkan Si Kecil batuk-batuk. Jika Si Kecil mengalami batuk ini, segeralah periksakan Si Kecil ke fasilitas medis terdekat

3. Batuk Berdahak Disertai Pilek

Seperti orang dewasa, Si Kecil juga bisa mengalami batuk berdahak. Tapi ingat, jika batuk berdahak yang dialami Si Kecil disertai dengan gejala lain, seperti pilek, sakit tenggorokan, mata berair, serta nafsu makan menurun, maka kita perlu waspada dan sebaiknya segera periksakan Si Kecil ke fasilitas medis terdekat

4. Batuk Disertai Demam

Jangan pernah sepelekan batuk yang disertai dengan tubuh yang demam. Kenapa? Karena batuk yang disertai demam selama beberapa hari akan membuat suara anak menjadi serak dan ritme nafas meningkat mungkin saja gejala dari penyakit Bronkiolitis. Bronkiolitis adalah infeksi yang terjadi pada bronkiolus atau saluran terkecil di paru-paru. Ketika saluran ini mengalami pembengkakan dan penuh dengan lendir, Si Kecil akan kesulitan bernapas.

Cara mengatasi kondisi batuk ini sebenarnya cukup sederhana, cukup banyak beristirahat dan minum. Tetapi, jika keadaan Si Kecil tidak kunjung membaik dan terlihat kesulitan bernapas, segera periksakan Si Kecil ke fasilitas medis terdekat.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang hal ini bisa berkonsultasi langsung dengan ahli medis.

 

Share to