Adakah Manfaar Ikan Asin bagi Kesehatan?

Senin, 11 November 2019 Share to
Adakah Manfaar Ikan Asin bagi Kesehatan?

Ikan asin merupakan salah satu jenis makanan yang sangat digemari di Indonesia sebagai lauk. Untuk membuat ikan asin, pengolahannya sendiri dapat dilakukan dari ikan gabus, tongkol, teri, tengiri, terbang, dan sebagainya. Biasanya, makanan ini dinikmati bersama dengan sambal.

Proses pembuatannya sendiri dilakukan dengan cara menggarami alias mengasinkan ikan, lalu ikan dijemur selama beberapa hari supaya jadi awet. Karena itu, ikan asin bisa bertahan sampai berbulan-bulan.

Selain lezat dan terjangkau harganya, ikan asin rupanya juga memiliki beberapa manfaat kesehatan, lho! Wah, apa saja ya manfaat dari ikan asin? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Manfaat Ikan Asin

  1. Bermanfaat untuk tulang dan gigi.

Di dalam ikan asin, kandungan nutrisi dalam jumlah terbesar adalah kalsium dan fosfor. Bahkan, dalam 100 gram ikan asin, terdapai kandungan 300 mg fosfor dan 200 mg kalsium, lho! Dan seperti yang sudah Anda ketahui, kedua nutrisi tersebut sangat berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kandungan gizi ini pun membuat ikan asin bermanfaat dalam proses pertumbuhan anak dengan menambah tinggi badan, sampai untuk orang dewasa dengan mencegah terjadinya osteoporosis.

  1. Mempercepat sembuhnya luka.

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi, ikan asin pun bermanfaat dalam proses penyembuhan luka yang dialami oleh tubuh. Hal ini memungkinkan karena kandungan zat besi di dalam ikan asin yang bisa membantu mempercepat sembuhnya luka. Apalagi, kandungan zat besi di dalam ikan asin pun tak kalah tingginya, yaitu sekitar 3 mg dalam 100 gram ikan asin. Hanya saja, khasiat ini tidak akan bisa dirasakan oleh penderita hemofilia yang mengalami kelainan pada darah merahnya.

  1. Mencegah sakit jantung.

Tahukah Anda kalau ikan asin juga bermanfaat dalam mencegah penyakit jantung? Alasannya adalah karena kandungan asam omega-3 di dalam ikan asin yang juga cukup tinggi. Di samping itu, ikan asin pun mengandung kolesterol baik, sehingga bisa mencegah penyakit kolesterol tinggi, jantung, dan masalah kardiovaskular lainnya.

  1. Mencegah anemia.

Oh iya, karena adanya kandungan zat besi di dalam ikan asin yang tak boleh disepelekan, jangan heran kalau makanan ini juga bisa mencegah anemia alias kekurangan darah merah, ya! Sebab, zat besi di dalam makanan ini akan membantu tubuh memproduksi sel darah merah yang cukup, sehingga anemia pun bisa dicegah.

  1. Menjaga kesehatan kulit.

Ikan asin juga bisa menjaga kesehatan kulit Anda, lho! Pasalnya, ada kandungan mineral di dalamnya seperti selenium, omega-3, vitamin E, dan asam lemak esensial yang bisa membantu menutrisi kulit dari dalam.

  1. Menjaga daya penglihatan.

Di dalam ikan asin pun terdapat kandungan vitamin A yang pastinya membuat makanan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan mata, dong! Apalagi, vitamin A juga bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan konsumsi ikan asin dalam jumlah cukup secara teratur, Anda pun bisa mencegah berbagai penyakit dan masalah penglihatan seperti katarak, mata minus atau plus, maupun degenerasi macula.

  1. Membantu proses pembentukan otot.

Ikan asin pun mengandung protein dalam jumlah yang tinggi, yaitu sekitar 42 gram protein di dalam 100 gram ikan asin. Dengan begitu, ikan asin pun bisa membantu Anda membangun dan meningkatkan masaa otot, yang pastinya sangat berguna jika Anda sedang menjalani program pembentukan otot.

Nah, itulah berbagai manfaat ikan asin untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Meski begitu, ingat untuk mengonsumsi ikan asin dalam jumlah yang cukup agar manfaatnya justru tidak berubah jadi masalah, ya! Soalnya, ikan asin tetaplah ikan asin yang diolah dengan cara digarami, sehingga konsumsi yang berlebihan justru akan menyebabkan munculnya masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan masalah pada jantung.

Share to