Apakah Diabetes Dan Hipertensi Saling Berkaitan?

Senin, 22 April 2019 Share to
Apakah Diabetes Dan Hipertensi Saling Berkaitan?

Apakah diabetes dan hipertensi saling berkaitan? Tentunya banyak sekali orang bertanya mengenai hal ini. Namun ada banyak sekali hal yang  membuat banyak orang menganggap bahwa antara diabetes dan hipertensi selalu berkaitan erat, walaupun jika dilihat bahwa diabetes merupakan penyakit darah manis dimana penderitanya harus mengontrol gula darah sedangkan hipertensi merupakan penyakit darah tinggi dimana penderitanya memiliki tekanan darah yang tinggi. Oleh sebab itu berikut beberapa fakta mengenai hubungan penyakit diabetes dengan hipertensi.

Alasan diabetes dan hipertensi memiliki hubungan

Faktanya hipertensi dan diabetes sendiri muncul secara bersamaan, hal ini dikarenakan tingkat gula darah yang tinggi dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit termasuk hipertensi. Sebab apabila tingkat gula darah tidak dijaga maka dapat membuat kerusakan pada pembuluh darah kemudian peningkatan lemak pada dinding pembuluh darah juga menjadi tinggi. Hal ini tentunya membuat pembuluh darah berpotensi besar untuk tersumbat akibat adanya lemak, sehingga akhirnya bisa mengeras.

Hal ini tentunya membuat aliran darah ke jantung menjadi terhambat sehingga membuat jantung harus bekerja menjadi lebih keras yang membuat tekanan darah menjadi meningkat karena jantung harus terus memompa darah ditambah lagi penumpukan lemak dapat merusak sistem tekanan darah.

Penyebab kemunculan diabetes dan hipertensi sama

Tentunya hubungan antara diabetes dan hipertensi sangatlah erat, sebab penyebab munculnya kedua penyakit ini sama. Karena diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi minuman keras, maupun kurangnya aktivitas fisik. Tentunya gaya hidup yang buruk dapat membuat pembuluh darah menjadi sempit, hal ini tentunya membuat jantung harus memompa menjadi lebih keras lagi. Ditambah lagi gaya hidup yang sehat juga dapat mengacaukan produksi berbagai enzim termasuk juga insulin, padahal insulin memiliki manfaat untuk dapat mengatur tekanan darah.

Apalagi berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 5% pasien diabetes mengalami peningkatan tekanan darah dalam 10 tahun, 33% mengalami peningkatan darah dalam 20 tahun dan 70% mengalam tekanan darah tinggi ketika berusia 40 tahun. Jadi tidak heran jika diabetes tidak dikontrol maka dapat menyebabkan hipertensi, begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu terjawab sudah mengenai apakah diabetes dan hipertensi saling berkaitan.

Jadi bagi penderita diabetes maka ada baiknya mengontrol gula darah agar terhindar dari penyakit ini, mengingat efek yang ditimbulkan oleh penyakit hipertensi tidak kalah berbahaya.

Share to