Beberapa Penyakit yang Ditandai dengan Bau Mulut

Senin, 4 Mei 2020 Share to
Beberapa Penyakit yang Ditandai dengan Bau Mulut

Tidak selamanya bau mulut muncul karena kebersihan mulut yang tidak terjaga, karena bau mulut juga bisa terjadi karena berbagai penyakit. Bau mulut yang disebabkan oleh penyakit biasanya punya aroma khas, tergantung pada apa penyebabnya dan di bagian organ mana gangguan terjadi.

Beberapa adalah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan bau mulut.

1. Gigi berlubang

Sisa dari makanan yang dikonsumsi bisa menimbulkan munculnya bakteri. Nah, bakteri yang terperangkap di lubang pada gigi dalam waktu yang cukup lama akan membusuk dan akhirnya menyebabkan mulut berbau tak sedap. Tidak hanya gigi berlubang, radang gusi dan mulut kering juga bisa menjadi penyebab bau mulut yang tidak sedap.

2. Sinusitis

Bau mulut yang dialami mereka yang menderita sinusitis bisa terjadi saat lendir yang mengandung bakteri dari hidung turun ke bagian tenggorokan. Bau mulut penderita sinusitis umumnya beraroma mirip kotoran. Tidak hanya bau mulut, penderita sinusitis juga bisa mengalami pilek berkepanjangan, lendir (dari hidung) berwarna hijau/kuning, tubuh demam, dan juga sakit kepala.

3. Asam lambung

Kalau bau mulut karena sinusitis beraroma mirip kotoran, bau mulut yang disebabkan oleh penyakit asam lambung biasanya berbau asam. Ini bisa terjadi karena asam lambung yang naik ke kerongkongan dan menimbulkan bau asam pada mulut.

4. Diabetes

Bau mulut yang terjadi karena penyakit diabetes biasanya beraroma buah. Bau mulut pada penderita diabetes ini bisa terjadi jumlah insulin tidak cukup untuk mengambil gula dari darah sebagai sumber energi, sehingga tubuh akan membakar lemak sebagai gantinya. Dari pembakaran lemak inilah, terbentuklah asam keton yang menyebabkan bau mulut mirip aroma buah.

5. Penyakit ginjal

Bau mulut juga mungkin berhubungan dengan penyakit ginjal jika aromanya mirip urine atau amis. Kalau ginjal tidak berfungsi dengan baik, racun dan zat sisa metabolisme tubuh tidak bisa dibuang melalui urine. Racun dan zat sisa ini akan menumpuk dan menyebar ke seluruh tubuh, sehingga menimbulkan bau urine atau amis yang mungkin tercium dari mulut.

Bagaimana cara mengatasi bau mulut akibat beberapa penyakit di atas? Bau mulut ini bisa di atas dengan berkonsultasi langsung dengan ahli medis, yaitu dokter. Pengobatan biasanya akan disesuaikan dengan penyakit yang diderita dan setelah penyakit bisa diatasi, bau mulut biasanya juga akan hilang.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Share to