Beragam Cara Untuk Menurunkan Kolesterol

Rabu, 9 Oktober 2019 Share to
Beragam Cara Untuk Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol dinyatakan berbahaya saat menyentuh angka di atas 200 mg/dL. Anda mungkin tak akan langsung merasakan efek sampingnya. Namun saat dibiarkan tanpa penanganan, kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit, antara lain stroke, diabetes, hingga serangan jantung.

Oleh karena itu, sebelum keadaannya semakin parah, Anda perlu mengetahui cara-cara yang dapat menekan kadar kolesterol agar tetap berada di angka normal, antara lain:

  • Perbanyak sayur dan buah

Beberapa jenis buah dan sayur dikenal sebagai penurun kolesterol alami. Serat yang terkandung dalam jenis makanan ini dapat menghambat produksi kolesterol jahat atau LDL. Jumlah yang disarankan adalah 500 gram per hari. Anda dapat memilih buah dan sayur seperti apel, pisang, dan brokoli dan dikonsumsi dengan cara dimakan langsung, dibuat jadi sup, atau smoothie.

  • Masukkan sumber omega-3

Salah satu faktor yang membuat kadar kolesterol naik adalah asupan lemak jenuh dan trans berlebih. Lemak memang diperlukan tubuh, tetapi pastikan jenisnya yang menyehatkan seperti asam lemak tak jenuh omega-3. Omega-3 mampu mengurangi kadar trigliserida dan LDL dalam darah. Salmon, sarden, tuna, dan chia seed adalah beberapa sumber omega-3 yang bisa Anda konsumsi.

  • Konsumsi makanan rendah lemak

Supaya kebutuhan tubuh akan lemak tetap terpenuhi, Anda dapat mengakalinya dengan makanan rendah lemak. Sejumlah makanan yang bisa Anda masukkan ke dalam menu mencakup daging sapi atau ayam tanpa lemak, susu low fat, ikan, tempe, tahu, dan putih telur. Hindari makanan yang diolah dengan cara digoreng.

  • Olahraga secara teratur

Supaya nutrisi yang Anda peroleh dari makanan-makanan di atas dapat memberikan manfaat pada tubuh, imbangi dengan latihan fisik atau olahraga. Tubuh yang selalu bergerak bukan hanya membuat Anda bugar, tetapi juga mengurangi kadar LDL sekaligus meningkatkan HDL. Anda bisa memulai latihan dari jalan kaki, jogging, hingga berenang atau angkat beban.

  • Hindari kebiasaan merokok

Merokok termasuk kebiasaan buruk yang dapat mengganggu keseimbangan kadar kolesterol. Anda yang terlanjur candu mungkin akan kesulitan, tetapi ada baiknya untuk segera menghentikannya. Kandungan dari rokok berpotensi mengurangi kadar kolesterol baik atau HDL hingga membuat pembuluh darah jadi lebih kaku. Hal inilah yang meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung.

  • Mengendalikan berat badan

Langkah terakhir yang dapat membantu Anda mengontrol kadar kolesterol jahat adalah mengendalikan berat badan. Seseorang dengan bobot tubuh berlebih atau obesitas lebih riskan mengalami kenaikan kolesterol dibandingkan yang punya berat badan ideal. Anda dapat menerapkan program yang sesuai dengan kondisi kesehatan agar berat badan kembali ke angka normal.

Demikian rangkaian tip untuk menahan lonjakan drastis kolesterol. Semoga membantu Anda menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit!

Share to