Berapa Takaran yang Tepat Kalau Penderita Kolesterol Ingin Makan Hati Ayam?

Senin, 10 Februari 2020 Share to
Berapa Takaran yang Tepat Kalau Penderita Kolesterol Ingin Makan Hati Ayam?

Sebagai orang Indonesia, salah satu bahan makanan yang cukup sering kita konsumsi adalah hati ayam karena memang banyak sekali kuliner yang menggunakan organ dalam ayam ini sebagai bahannya. Jadi akan cukup sulit bagi kita untuk tidak sama sekali mengkonsumsi hati ayam yang jika diolah menjadi masakan rasanya cukup lezat dan menggugah selera ini.

Tidak hanya mereka yang sehat, mereka yang sudah terdiagnosa menderita kolesterol tinggi juga sepertinya akan sulit untuk tidak mengkonsumsi hati ayam. Sebenarnya, adakah takaran yang tepat bagi penderita kolesterol yang ingin tetap makan hati ayam? Kita simak dulu yuk penjelasannya berikut ini!

Walaupun mengandung beberapa nutrisi seperti protein dan vitamin, banyak ahli kesehatan yang mengungkapkanĀ  bahwa mengkonsumsi hati ayam bisa menyebabkan efek kurang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak beda dengan hati manusia, hati ayam juga bertugas menyaring berbagai macam racun. Karena itulah, dikhawatirkan masih tersisa kandungan racun didalam hati ayam yang pasti kurang tidak baik jika dikonsumsi secara berlebih.

Efek buruk yang paling sering terjadi jika kita terlalu sering mengkonsumsi hati ayam adalah meningkatnya resiko terkena penyakit tekanan darah tinggi atau dikenal juga dengan kolesterol. Hal ini bisa terjadi karena dalam hati ayam ada cukup banyak kandungan kolesterol jahat yang bisa mengganggu kesehatan pembuluh darah.

Anda pasti juga sudah banyak tahu bahwa lemak dan kolesterol sangatlah buruk bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Nah jika kita mengkonsumsi hati ayam dengan berlebih, otomatis kolesterol akan tinggi dan resiko untuk terkena penyakit jantung juga bisa meningkat dengan signifikan.

Melihat fakta-fakta tersebut, mengkonsumsi hati ayam dengan jumlah dan frekuensi yang sedang atau jarang diperbolehkan karena memang tidak akan menyebabkan masalah kesehatan. Selain itu, hati ayam juga mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Bagaimana dengan mereka yang kolesterol tinggi? Mengingat untuk mereka yang sehat saja tetap harus dibatasi dan tidak berlebih mengkonsumsi hati ayam, untuk mereka yang sudah terkena kolesterol tinggi sudah pasti akan lebih ketat lagi aturannya tentang konsumsi hati ayam.

Karena sampai saat ini belum ada informasi tentang seberapa akaran yang tepat bagi penderita kolesterol yang ingin tetap makan hati ayam, ada baiknya untuk Anda penderita kolesterol yang tetap ingin makan hati berkonsultasi langsung dengan ahli medis atau ahli gizi yang memang tahu lebih detail tentang hal ini. Jika memang tidak boleh sama sekali, ikuti aturan tersebut karena selain demi kesehatan Anda, ada banyak bahan makanan lain kok yang tidak kalah lezat tapi tetap sehat untuk kesehatan tubuh.

Semoga bermanfaat!

Share to