Berbagai Gejala Ringan dan Berat Tekanan Darah Tinggi

Kamis, 19 September 2019 Share to
Berbagai Gejala Ringan dan Berat Tekanan Darah Tinggi

Kemunculannya yang kadang tanpa gejala membuat tekanan darah tinggi atau hipertensi begitu ditakuti banyak orang. Padahal, hipertensi yang jarang Anda kontrol akan berpotensi merusak pembuluh darah hingga mengundang penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah hipertensi adalah mengenali gejalanya, dari yang ringan sampai parah, seperti yang dijabarkan di bawah ini.

  1. Tekanan darah di atas 140/90 mmHG

Tekanan darah normal seseorang berkisar pada angka 120/80 mmHG (milimeter raksa), sedangkan seseorang yang dinyatakan menderita hipertensi punya catatan tekanan darah di atas 140/90 mmHG. Ada pula kondisi pre-hipertensi yang tekanan darahnya berada di angka 120/80 mmHG hingga 140/90 mmHG. Biasanya seseorang yang berada dalam kondisi tersebut sudah disarankan untuk mengubah gaya hidup dan mengonsumsi obat-obatan tertentu agar tekanan darahnya tak melonjak drastis.

  1. Sakit kepala ringan hingga kronis

Jangan abaikan sakit kepala yang Anda alami, baik ringan maupun kronis, apabila frekuensinya sudah terlalu sering. Kemudian, kalau sakitnya berlangsung intens dan tak kunjung reda meski sudah ditangani obat, ada kemungkinan Anda menderita hipertensi kritis. Biasanya tekanan darah sudah melonjak ke titik ekstrem, yakni 180/120 mmHG. Sebaiknya minta bantuan seseorang untuk mengantarkan Anda ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis.

  1. Sulit buang air kecil dan kembung

Hipertensi kerap dihubungkan dengan penyakit ginjal dan diabetes. Kerusakan pada pembuluh darah ginjal akan membuat organ tersebut berhenti menyaring racun dan cairan ekstra lainnya. Hal inilah yang lantas membuat produksi urin turut bermasalah. Oleh karena itu penderita hipertensi sukar buang air kecil yang kadang dibarengi kembung. Jadi, ada baiknya Anda berhati-hati apabila frekuensi kencing tiba-tiba turun drastis atau bermasalah.

  1. Indra penglihatan mulai buram

Bagian tubuh lainnya yang bakal menunjukkan gejala hipertensi adalah mata. Pembuluh darah yang berada di sekitar indra penglihatan Anda bakal membengkak. Akibatnya, Anda akan merasa pandangan kian memburam dari hari ke hari. Semakin tinggi tekanan darah, maka akan semakin parah kerusakan yang terjadi pada mata. Tidak sedikit penderita hipertensi yang mengalami kebutaan karena kurang cepat menangani gangguan tersebut.

  1. Kesulitan menjaga keseimbangan

Apa Anda kerap mendadak pusing dan sulit menjaga keseimbangan? Anda harus waspada karena tak menutup kemungkinan kedua gejala tersebut merupakan peringatan awal stroke yang dipicu hipertensi. Pusing berkelanjutan tanpa penyebab jelas harus segera diperiksakan ke dokter untuk memperoleh diagnosis akurat. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hasil yang tepat dengan metode pengobatan yang telah disesuaikan untuk meredakan gejala maupun mengendalikan tekanan darah.

Semoga Anda lebih berhati-hati dalam mengenali gejala hipertensi!

Share to