Buah-Buah yang Membantu Menurunkan Darah Tinggi

Rabu, 24 Juli 2019 Share to
Buah-Buah yang Membantu Menurunkan Darah Tinggi

Idealnya, masing-masing orang direkomendasikan untuk mengkonsumsi minimal 5 porsi buah dan sayur setiap hari. Tujuannya adalah untuk memenuhi asupan nutrisi vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Hal yang sama pun berlaku untuk Anda yang punya masalah kesehatan tertentu, termasuk hipertensi alias tekanan darah tinggi.

Kalau Anda punya masalah tersebut, pada dasarnya Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi jenis buah yang kaya akan kalium, magnesium, dan kalsium. Dengan begitu, tekanan darah tinggi pun dapat diturunkan. Nah, apa saja ya buah-buahan yang bisa membantu Anda mengatasi hipertensi?

Kiwi

Jenis buah yang satu ini dianjurkan untuk Anda konsumsi apabila Anda punya tekanan darah tinggi. Dalam satu buah kiwi, terdapat kandungan 2% kalsium, 9% kalium, dan 7% magnesium untuk menurunkan tekanan darah Anda.

Belum lagi, buah kiwi pun kaya akan kandungan vitamin C yang merupakan salah satu jenis antioksidan.  Nantinya, antioksidan ini akan bantu tubuh melawan radikal bebas serta mencegah terjadinya kerusakan sel.

Pisang

Buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia ini juga tak kalah bermanfaat dalam mengatasi masalah kesehatan Anda. Dalam satu buah pisang berukuran sedang, terdapat kandungan 1% kalsium, 12% kalium, dan 8% magnesium. Di samping itu, konsumsi pisang pun mampu menurunkan kadar hormon stres di dalam tubuh. Anda bisa menyantap pisang waktu sarapan atau sebagai makanan selingan sebagai camilan yang jauh lebih sehat, lho!

Alpukat

Meskipun alpukat mengandung lemak, jenis lemak tersebut adalah lemak baik yang justru memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Belum lagi, alpukat juga kaya kandungan mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah –satu setengah buah alpukat mengandung 1% kalsium, 10% kalium, dan 5% magnesium.

Alpukat pun mengandung karotenoid, yang mampu menangkap dan menyingkirkan radikal bebas dari dalam tubuh sehingga baik untuk jantung. Akan tetapi, agar Anda bisa merasakan manfaat alpukat secara maksimal, kupas buah dengan baik dan hati-hati karena justru kandungan sehatnya ditemukan tepat di bawah lapisan kulit.

Buah Beri

Nama stroberi pasti sudah tak asing di telinga Anda, kan? Nah, buah tersebut adalah salah satu jenis buah beri, termasuk blueberry dan raspberry. Pada dasarnya, buah beri punya manfaat besar dalam membantu tubuh menjaga tekanan darah, terutama blueberry. Alasannya adalah kandungan flavonoid yang menurut penelitian mampu mencegah dan menurunkan hipertensi.

Share to