Ciri-ciri kalau Kolesterol Naik, Yuk Diperhatikan!

Jumat, 1 Maret 2019 Share to
Ciri-ciri kalau Kolesterol Naik, Yuk Diperhatikan!

Kolesterol naik merupakan salah satu hal yang cukup menakutkan karena berkaitan langsung dengan peningkatan risiko penyakit jantung, hipertensi, dan lainnya. Selain dengan pemeriksaan medis, cek koletserol ternyata bisa dilakukan dengan cara mengenali sinyal yang diberikan tubuh pada kita.

Agar bisa segera melakukan upaya pencegahan akibat dampak buruk dari kolesterol, berikut merupakan beberapa sinyal dari tubuh jika kolesterol sedang naik, seperti dilansir dalam helodoc.

Sulit Bernapas, atau Napas Pendek

Apakah Anda pernah merasakan tiba-tiba sulit bernapas, atau napas menjadi sangat pendek? Hati-hati, kondisi ini bisa saja disebabkan karena kadar kolesterol Anda sudah sangat tinggi.

Saat kolesterol tinggi, kondisi ini bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit, termasuk pembuluh darah di paru-paru. Terhambatnya aliran darah akan menyebabkan pasokan udara menuju paru-paru akan berkurang drastis, hingga akhirnya Anda pun akan kesulitan untuk bernapas.

Gampang Capek

Untuk bisa beaktivitas dengan maksimal, seluruh organ tubuh butuh pasokan udara yang maksimal. Jika kadar kolesterol Anda tinggi, tentu saja performa anggota tubuh pun akan menurun, termasuk otak, otot, jantung, dan bagian tubuh lainnya.

Kondisi inilah yang menyebabkan Anda menjadi mudah capek, tidak bersemangat, dan bahkan Anda pun akan sulit untuk berkonsentrasi.

Kaki dan Tangan Jadi Gampang Sakit

Orang dengan kadar kolesterol tinggi akan mengalami rasa sakit di bagian tangan dan kaki. Biasanya, rasa sakit ini hadir dalam bentuk rasa nyeri secara langsung, atau datang dari gejala tubuh yang terasa ngilu, pegal-pegal, dan kondisi tidak nyaman lainnya.

Selain itu, kolesterol tinggi pun bisa menyebabkan Anda sering merasa panas, kesemutan di kaki dan tangan, akibat dari terhambatnya aliran darah.

Dada Terasa Nyeri

Kolesterol tinggi bisa menyebabkan penumpukkan lemak di dalam arteri, hingga akhirnya membuat alirah darah menuju jantung jadi tidak lancar. Kondisi inilah yang akhirnya menyebabkan dada terasa nyeri. Jika terus dibiarkan, kondisi yang umumnya datang kambuhan ini akan menyebabkan serangan jantung.

Tentu saja untuk mengatasi lonjakan kolesterol, konsumsi makanan sehat, terutama sayuran dan buah-buahan, serta rutin berolahraga, merupakan upaya terbaik yang bisa Anda lakukan. 

Share to